Susilawati, Suherni (2019) Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Kebudayaan Islam Pada Materi Dinasti Bani Abbasiyah Berbasis Multimedia Interaktif (Studi di Kelas XI MA Attaufiqiyah Kec.Taktakan Kota. Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks (FULL SKRIPSI)
SUHERNI SUSILAWATI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (2MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Suherni Susilawati. NIM 152102070. Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Kebudayaan Islam Pada Materi Dinasti Bani Abbasiyah Berbasis Multimedia Interaktif (Studi di Kelas XI MA Attaufiqiyah Kec.Taktakan Kota. Serang). Penelitian ini bertujuan untuk, Pertama, Mengembangkan bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam berbasis multimedia interaktif, Kedua, mengetahui kualitas pengembangan bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam berbasis multimedia interaktif, dengan program powerpoint of hyperlink yang dikemas dalam bentuk CD ( Compact Disk ) interaktif pada siswa kelas XI di MA Attaufiqiyah Taktakan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan resaerch and development ( R & D ) dari Borg and Gall dengan 8 langkah, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data ( 2 ) perencanaan pembuatan produk ( 3 ) pengembangan produk ( 4 ) validasi ahli materi ( 5 ) validasi ahli media ( 6 ) revisi produk ( 7 ) validasi oleh guru ( 8 ) uji coba produk yang melibatkan 31 peserta didik sebagai partisipan dan para ahli ( media dan materi ) untuk menilai kelayakan bahan ajar berbasis multimedia interaktif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu kuantitatif dan kualitatif, melalui observasi, wawancara, instrumen angket dengan narasumber Guru dan Siswa. Berdasarkan hasil penelitian, Pertama, Mengembangkan bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam berbasis multimedia interaktif, bahwa bahan ajar berbasis multimedia interaktif dinyatakan layak dengan persentase ahli media 87,5 % persentase penilaian dari ahli materi 95% dan persentase penilaian dari ahli pembelajaran 95%, yang menunjukan klasifikasi sangat baik dari penilaian uji kelayakan oleh ahli media, materi dan pembelajaran. ahli media 87,5 % persentase penilaian dari ahli materi 95% dan persentase penilaian dari ahli pembelajaran 95%, yang menunjukan klasifikasi sangat baik dari penilaian uji kelayakan oleh ahli media, materi dan pembelajaran. Kedua, mengetahui kualitas pengembangan bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam berbasis multimedia interaktif Serta hasil penilaian uji coba produk yang dilakukan kepada siswa memlalui angket mendapat butir pernyataan persentase tertinggi yaitu mencapai 97% termasuk kategori sangat baik. Disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam berbasis multimedia interaktif, sangat layak digunakan untuk membantu proses kegiatan pembelajaran dikelas. Kata kunci : Sejarah Kebudayaan Islam, Multimedia Interaktif, Pengembangan, Bahan Ajar.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 15 Jul 2019 07:22 |
Perubahan Terakhir: | 15 Jul 2019 07:22 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4158 |
Actions (login required)
Lihat Item |