Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak. (Studi Eksperimen di MAN 2 Kota Serang)

Rukmansyah, Wawan (2019) Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak. (Studi Eksperimen di MAN 2 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (FULL SKRIPSI)
SKRIPSI WAWAN RUKMANSYAH.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (3MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Wawan Rukmansyah. 142101849. 2019. Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak. (Studi Eksperimen di MAN 2 Kota Serang) Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak, hal ini disebabkan oleh strategi pengajaran yang digunakan guru masih bersifat konvensional dan kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran. Kooperatif adalah strategi pembelajaran yang mengacu pada aktivitas kerja siswa dalam kelompoknya untuk meningkatkan keaktifan dalam belajar, melatih siswa berbicara dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Sedangkan Minat belajar adalah adalah ketertarikan untuk belajar, perhatian dalam belajar, motivasi belajar dan pengetahuan. Kemampuan atau perubahan tersebut terdapat tiga aspek yaitu aspek kognitif, afektif, dan piskomotorik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode quasy eksperimen Design, penelitian nonequivalent control grup design dengan teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, Tes dan Dokumentasi. Hasil analisis uji t sebesar 9,851 dan ttabel sebesar 1,671. Hal ini menunjukan bahwa thitung > ttabel . Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Skor rata-rata yang diperoleh dari kelas eksperimen sebesar 83,5% dan kelas kontrol sebesar 65,5%. Besar selisih presentase skor rata-rata minat belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 18 % Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Kooperatif, Minat Belajar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 15 Jul 2019 07:21
Perubahan Terakhir: 15 Jul 2019 07:21
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4140

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.