Sadiah, Halimatu (2019) Hubungan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dengan Kompetensi Professional Guru di MTsN 3 Kota Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Nama: Halimatu Sadiah. NIM: 152500801. Judul Skripsi: Hubungan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dengan Kompetensi Professional Guru di MTsN 3 Kota Cilegon. Penelitian ini dilatar belakangi oleh bagaimana cara meningkatkan kemampuan professional guru dalam tugas mengajar, Adapun kompetensi professional mengajar yang harus dimiliki oleh seorang yaitu meliputi kemampuan dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasikan sistem pembelajaran, serta kemampuan dalam mengembangkan sistem pembelajaran kearah yang lebih baik lagi, kepala madrasah dapat memberi bantuan, bimbingan, ataupun layanan kepada guru dalam menjalankan tugas ataupun dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi pada saat proses pembelajaran dan membantu guru dalam mengembangkan kemampuan profesionalismenya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana Tingkat Kompetensi Profesional Guru, Bagaimana Tingkat pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Apakah terdapat hubungan positif dan signifikan antara pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dengan Kompetensi Profesional Guru di MTsN 3 Kota Cilegon. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui apakah terdapat Hubungan Antara Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dengan Kompetensi Professional Guru di MTsN 3 kota Cilegon serta manfaatnya adalah memperkaya ilmu pengetahuan sebagai bahan acuan khusunya dalam mengukur kompetensi professional guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik regresi dan korelasi. Sampel dalam penelitian adalah seluruh guru di MTsN 3 Kota Cilegon berjumlah 37 orang. Instrument penelitian menggunakan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial, dari perhitungan menggunakan rumusan regresi sederhana dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan: pertama, kompetensi professional guru secara rata-rata pada taraf sangat baik mencapai 88,70 %; kedua, supervisi akademik kepala sekolah ada pada taraf sangat baik mencapai 88,92 %; ketiga, korelasi antara supervisi akademik kepala sekolah dengan kompetensi professional guru di tunjukan dengan hasil analisis dari korelasi antara variabel X dan Variabel Y bertanda positif yaitu dari perhitungan dinyatakan rhitung lebih besar dari rtabel 7,47> 0,334. Karena rhitung lebih besar dari rtabel dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hubungan antara supervisi akademik kepala sekolah dengan kompetensi professional guru sebesar 55,8%. Sisanya 44,2% di pengaruhi oleh faktor lain yang perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Kata Kunci : Supervisi Akademik, Kompetensi Professional.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 04 Jul 2019 04:08 |
Perubahan Terakhir: | 04 Jul 2019 04:08 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4127 |
Actions (login required)
Lihat Item |