PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA LANCAR SISWA KELAS II MI MANBAUL HIKMAT (PTK di Kelas II MI Manbaul Hikmat Desa Padasuka Kec. Petir)

NURLAELA, SITI (2019) PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA LANCAR SISWA KELAS II MI MANBAUL HIKMAT (PTK di Kelas II MI Manbaul Hikmat Desa Padasuka Kec. Petir). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (24kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (875kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (10kB) | Pra Tinjau

Abstrak

PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA LANCAR SISWA KELAS II MI MANBAUL HIKMAT (PTK di Kelas II MI Manbaul Hikmat Desa Padasuka Kec. Petir) Kemampuan membaca lancar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia masih rendah di II MI Manbaul Hikmat Desa Padasuka Kec. Petir. Hal ini disebabkan kurangnya minat dan motivasi siswa dalam membaca, dan guru pun belum memanfaatkan media dalam pembelajaran. sehingga mengakibatkan kemampaun membacanya masih rendah. Siswa kelas II MI Manbaul Hikmat Desa Padasuka Kec. Petir dengan menggunakan media Big Book. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dua siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media Big Book dapat meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa kelas II MI Manbaul Hikmat dari segi aktivitas siswa dalam proses pembelajaran maupun hasil siswa mengenai kemampuan membaca lancar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase pada siklus I, ketuntasan aktivitas siswa sebesar 676 , aktivitas guru %06 , dan hasil siswa mengenai kemampuan membaca lancar 506 . Kemudian mengalami peningkatan pada siklus II ketuntasan aktivitas siswa sebesar %06 , aktivitas guru sebesar %03356 dan hasil siswa mengenai kemampuan membaca lancar 756 . Kata Kunci: Media Big Book, Membaca Lancar, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 24 Jun 2019 08:01
Perubahan Terakhir: 24 Jun 2019 08:01
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4050

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.