Halimi, Halimi (2019) Pemikiran KH. Ahmad Dahlan Tentang Modernisasi Pendidikan Islam Di Indonesia (Kajian Tokoh). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks (COVER)
cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (55kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (148kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I - V)
revisi skripsi mimi.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (524kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Nama : Halimi, NIM : 102101012, Judul Skripsi: Pemikiran KH. Ahmad Dahlan Tentang Modernisasi Pendidikan Islam Di Indonesia (Kajian Tokoh) Selama kurun waktu lebih dari tiga abad, Indonesia berada dibawah kolonialisme Belanda. Dunia pendidikan khusunya pendidikan Islam berada pada titik terendah dan belum bisa memberikan kontribusi terhadap kemajuan bangsa. Hal ini terjadi akibat pola pikir umat Islam yang sempit dalam menginterpretasiakan ayatayat al-Qur’an, ditambah adanya diskriminasi kaum penjajah terhadap pendidikan Islam, sehingga yang terjadi adalah adanya dikotomi pendidikan Islam dan pendidikan umum. Kebutuhan terhadap pendidikan mendorong masyarakat Islam di Indonesia mengadopsi pola pendidikan modern, maka KH. Ahmad Dahlan melalui organisasi Muhammadiyah yang didirikannya mempelopori suatu sistem pendidikan modern yang memberikan kurikulum pengetahaun umum di sekolah madrasah dan kurikulum agama di sekolah umum. Berangkat dari latar belakang masalah tersebut, penulis merumuskan masalah sebagai berikut: apa yang melatar belakangi munculnya ide modernisasi pendidikan Islam oleh KH. Ahmad Dahlan, bagaimana gagasan KH. Ahmad Dahlan tentang modernisasi pendidikan Islam dan bagaimana kondisi pendidikan masyarakat pada zaman KH. Ahmad Dahlan. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana pemikiran KH. Ahmad Dahlan tentang modernisasi pendidikan Islam di Indonesia. Metode penelitian yang di pergunakan dalam penelitian ini adalah melalui metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Setelah data terkumpul dan tercatat dengan baik maka langkah selanjutnya adalah menganalisa data. Proses analisis dilakukan dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber, kemudian data tersebut di analisis dan dipelajari secara cermat dan dideskripsikan yang selanjutnya memberikan gambaran, penafsiran dan uraian. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konsep pemikiran pendidikan Islam yang di bangun KH. Ahmad Dahlan ialah pengkolaborasian atau mensinergikan antara pengetahuan umum dan pengetahuan agama dalam kurikulum sekolah atau madrasah, model pendidikan menurutnya yaitu klasikal.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 20 Jun 2019 03:12 |
Perubahan Terakhir: | 20 Jun 2019 03:12 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4038 |
Actions (login required)
Lihat Item |