Pengaruh Metode Tahsin Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Materi Al-Qur’an Hadits (Studi di MTsN 5 Kab. Serang)

Herawati, Neti (2019) Pengaruh Metode Tahsin Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Materi Al-Qur’an Hadits (Studi di MTsN 5 Kab. Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
cover skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (146kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (409kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB 1 -III)
BAB 1-3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (628kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (582kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (183kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (224kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR ISI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (83kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Neti Herawati. 152101957. 2019. Pengaruh Metode Tahsin Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Materi Al-Qur’an Hadits (Studi di MTsN 5 Kab. Serang). Tahsin adalah suatu metode untuk memperbaiki, menyempurnakan atau membaguskan bacaan al-qur’an sesuai dengan makharijul huruf dan hukum bacaan supaya baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : 1). Bagaimana metode tahsin pada materi al-qur’an hadits di MTsN 5 Kab. Serang?, 2). Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa pada materi Al-Qur’an hadits di MTsN 5 Kab. Serang?, 3). Apakah terdapat pengaruh metode tahsin terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada materi Al-Qur’an hadits di MTsN 5 Kab. Serang?. Tujuan Penelitian ini adalah sebagai berikut : 1). Untuk mengetahui metode tahsin pada materi al-qur’an hadits di MTsN 5 Kab. Serang, 2). Untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an siswa pada materi Al-Qur’an hadits di MTsN 5 Kab. Serang. 3). Untuk mengetahui pengaruh metode tahsin terhadap kemampuan membaca al-qur’an pada materi Al-Qur’an hadits di MTsN 5 Kab. Serang. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 5 Kab. Serang, dengan jumlah sampel sebanyak 33 siswa di kelas VII. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif korelasional, dengan teknik pengumpulan data : Observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis korelasi, dengan menggunakan product moment (rxy), diketahui bahwa indeks koefisien korelasi = 0,71. Hal ini menunjukkan bahwa antara Metode Tahsin (Variabel X) dengan Kemampuan Membaca Al-Qur’an (Variabel Y) terdapat korelasi yang kuat atau tinggi. Selanjutnya uji signifikasi diketahui bahwa t hitung = 5,61 dan t tabel = 1,70, dimana t hitung ( 5,61) > t tabel (1,70), interpretasinya adalah terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Metode Tahsin (Variabel X) dengan Kemampuan Membaca Al-Qur’an (Variabel Y). Adapun kontribusi variabel X terhadap variabel Y adalah 50,41%, sedangkan sisanya sebesar 49,59% dipengaruhi oleh faktor lain yang dapat diteliti lebih lanjut. Kata Kunci : Metode, Tahsin, Kemampuan Membaca Al-Qur’an

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 20 Jun 2019 03:11
Perubahan Terakhir: 20 Jun 2019 03:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4023

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.