Herawati, Neti (2019) Pengaruh Metode Tahsin Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Materi Al-Qur’an Hadits (Studi di MTsN 5 Kab. Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks (COVER)
cover skripsi.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (146kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (409kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB 1 -III)
BAB 1-3.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (628kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (582kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (183kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (224kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR ISI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (83kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Neti Herawati. 152101957. 2019. Pengaruh Metode Tahsin Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Materi Al-Qur’an Hadits (Studi di MTsN 5 Kab. Serang). Tahsin adalah suatu metode untuk memperbaiki, menyempurnakan atau membaguskan bacaan al-qur’an sesuai dengan makharijul huruf dan hukum bacaan supaya baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : 1). Bagaimana metode tahsin pada materi al-qur’an hadits di MTsN 5 Kab. Serang?, 2). Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa pada materi Al-Qur’an hadits di MTsN 5 Kab. Serang?, 3). Apakah terdapat pengaruh metode tahsin terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada materi Al-Qur’an hadits di MTsN 5 Kab. Serang?. Tujuan Penelitian ini adalah sebagai berikut : 1). Untuk mengetahui metode tahsin pada materi al-qur’an hadits di MTsN 5 Kab. Serang, 2). Untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an siswa pada materi Al-Qur’an hadits di MTsN 5 Kab. Serang. 3). Untuk mengetahui pengaruh metode tahsin terhadap kemampuan membaca al-qur’an pada materi Al-Qur’an hadits di MTsN 5 Kab. Serang. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 5 Kab. Serang, dengan jumlah sampel sebanyak 33 siswa di kelas VII. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif korelasional, dengan teknik pengumpulan data : Observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis korelasi, dengan menggunakan product moment (rxy), diketahui bahwa indeks koefisien korelasi = 0,71. Hal ini menunjukkan bahwa antara Metode Tahsin (Variabel X) dengan Kemampuan Membaca Al-Qur’an (Variabel Y) terdapat korelasi yang kuat atau tinggi. Selanjutnya uji signifikasi diketahui bahwa t hitung = 5,61 dan t tabel = 1,70, dimana t hitung ( 5,61) > t tabel (1,70), interpretasinya adalah terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Metode Tahsin (Variabel X) dengan Kemampuan Membaca Al-Qur’an (Variabel Y). Adapun kontribusi variabel X terhadap variabel Y adalah 50,41%, sedangkan sisanya sebesar 49,59% dipengaruhi oleh faktor lain yang dapat diteliti lebih lanjut. Kata Kunci : Metode, Tahsin, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 20 Jun 2019 03:11 |
Perubahan Terakhir: | 20 Jun 2019 03:11 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4023 |
Actions (login required)
Lihat Item |