Junengsih, Junengsih (2019) Pengaruh Penerapan Media Time Line Chart Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (Pre-Eksperimen Di Kelas V SDN Pamekser Kecamatan Mancak-Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
COVER-DAFTAR ISI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (473kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (250kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (262kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (532kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (487kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (88kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Nama : Junengsih, NIM: 152400828, Judul Skripsi : Pengaruh Penerapan Media Time Line Chart Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (Pre-Eksperimen Di Kelas V SDN Pamekser Kecamatan Mancak-Serang) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Media time line chart ini berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar IPS materi sejarah proklamasi kemerdekaan republik indonesia. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri Pamekser Kecamatan Mancak-Serang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan pedoman observasi. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest post-test Design. Populasi yang digunakan seluruh siswa dan siswi SDN Pamekser semester genap Tahun Ajaran 2017/2018 di Kecamatan Mancak. Dengan sampel siswa dan siswi kelas V sebanyak 20 siswa. Tahap uji instrumen yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, ttingkat kesukaran dan daya pembeda. Teknik analisis data yang digunakan adalah menentukan ratarata, menghitung simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas dan tes- t. Hasil Belajar IPS materi sejarah proklamasi kemerdekaan republik Indonesia dengan menggunakan media time line chart memberikanm pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan media time line chart memperoleh rata-rata nilai post-test 83,5 dan nilai rata-rata pre-test 34.3. Penggunaan media time line chart berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada pokok bahasan sejarah proklamasi kemerdekaan republik Indonesia. Kata kunci : penerapan, media time line chart, hasil belajar, IPS
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 20 Jun 2019 03:11 |
Perubahan Terakhir: | 20 Jun 2019 03:11 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4021 |
Actions (login required)
Lihat Item |