Penerapan Etika Komunikasi Di Kalangan Remaja SMA Al-Mubarok Islamic Boarding School

MUTI’AH,, UMU (2019) Penerapan Etika Komunikasi Di Kalangan Remaja SMA Al-Mubarok Islamic Boarding School. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
CAVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (138kB)
[img] Teks
ABSTRAK.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (19kB)
[img] Teks
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (239kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (339kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (297kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (319kB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (158kB)
[img] Teks
Daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (61kB)

Abstrak

Nama : UMU MUTI’AH, NIM 153300634, judul skripsi: Penerapan Etika Komunikasi Di Kalangan Remaja SMA Al-Mubarok Islamic Boarding School, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah, Tahun 2019 M /1440 H. Perkembangan komunikasi di kalangan remaja sangat erat kaitannya dengan bahasa dan etika. Remaja di sekolah saat ini memiliki pergaulan yang luas dan gaya bahasa yang bermacam-macam, contohnya seperti bahasa yang tidak sopan, bahasa alay, bahasa gaul dan lain sebagainya. Hal ini malah menambahkan permasalahan di tengah krisis moral dan etika di kalangan remaja. Oleh karena itu Al-Mubarok Islamic Boarding School salah satu lembaga yang telah berusaha melakukan strategi penerapan etika komunikasi di kalangan remaja. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: 1. Bagaimana peran guru dalam penerapan etika komunikasi pada siswa-siswi SMA Al-Mubarok Islamic boarding school kota serang?, 2. Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan etika komunikasi?, 3. Bagaimana hasil yang dicapai dalam penerapan etika komunikasi di kalangan remaja SMA Al-Mubarok Islamic Boarding School?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan cara analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpukan: 1. Peran guru dalam penerapan etika komunikasi di kalangan siswa-siswi SMA Al-mubarok pertama, dengan melaksanakan programprogram pembinaan akhlak dan pendidikan karakter, kedua, memberikan peraturan tertulis dan tidak tertulis yang mengarahkan santri untuk beretika dalam berkomunikasi, ketiga, memberikan sanksi kepada santri yang melanggar aturan yang sudah dibuat oleh sekolah. 2. Faktor pendukung dalam menerapkan etika komunikasi berupa: peraturan tertulis yang mewajibkan beretika dalam berkomunikasi, motivasi yang kuat dari diri sendiri untuk menerapkan etika komunikasi dalam kehidupan sehari-hari, pengawasan dari pengurus pondok dan guru-guru dalam aktivitas sehari-hari. Sedangkan faktor penghambat yaitu: kurangnya rasa saling menghargai sesama teman, banyaknya santri yang masih melanggar peraturan, dan faktor lingkungan. 3. Guru berhasil menerapkan strategi penguatan etika komunikasi kepada siswa-siswi SMA Al-Mubarok dan mereka mampu menjalankan etika komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 302 Interaksi sosial
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Komunikasi Dan Penyiaran Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 13 Jun 2019 07:45
Perubahan Terakhir: 13 Jun 2019 07:45
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4014

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.