Agustian, Rizky (2019) Modernisasi Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Al Khairiyah Pusat, Citangkil Kota Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks (FULL SKRIPSI)
Skripsi.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Rizky Agustian, NIM : 132101678, Judul Skripsi : Modernisasi Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Al Khairiyah Pusat, Citangkil Kota Cilegon. Pondok Pesantren Al Khairiyah Pusat sudah melakukan transformasi sistem pembelajaran tradisional menuju sistem pembelajaran yang modern. Bentuk modernisasi tersebut adalah dengan cara memodifikasi sistem pembelajaran dan kurikulum. Rumusan Masalah: Faktor-faktor yang melatar belakangi terjadinya modernisasi sistem pembelajaran PAI di Pondok Pesantren Al Khairiyah Pusat?, Bagaimana bentuk modernisasi dalam pembelajaran PAI di Pondok Pesantren Al Khairiyah Pusat?, Bagaimana bentuk modernisasi dalam kurikulum PAI di Pondok Pesantren Al Khairiyah Pusat?, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor yang melatar belakangi terjadinya modernisasi, bentuk modernisasi dalam pembelajaran dan bentuk modernisasi dalam kurikulum PAI di Pondok Pesantren Al Khairiyah Pusat. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif melalui pendekatan kualitatif berupa uraian. Faktor yang melatar belakangi Pondok Pesantren Al Khairiyah dalam melakukan modernisasi sistem pembelajaran yaitu agar Pondok dan santri tidak lagi tertinggal oleh keadaan zaman, Modernisasi sistem pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam bentuk pembelajaran, terkait dengan komponen pembelajaran sudah bisa dikatakan modern, dengan adanya perkembangan didalamnya. Modernisasi sistem pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam bentuk kurikulum, terkait dengan komponen kurikulum sudah bisa dikatakan modern, kurikulum Pondok Pesantren sudah di seimbangkan dan disesuaikan dengan kurikulum Pemerintah, dalam hal ini Departemen Agama. Kata kunci: Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Sistem Pondok Pesantren.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 11 Jun 2019 02:33 |
Perubahan Terakhir: | 11 Jun 2019 02:33 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3986 |
Actions (login required)
Lihat Item |