DAMAYANTI, EMA (2019) PENGARUH PERNERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF SISWA (Pre-eksperimen pada kelas V SDN Koroncong Kecamatan Koroncong Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Nama : EMA DAMAYANTI. NIM: 152400872. 2019. Nama : EMA DAMAYANTI. NIM: 152400872. 2019. Nama : EMA DAMAYANTI. NIM: 152400872. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa. (Pre- Eksperimen di kelas V SDN Keroncong Kec. Keroncong Kab. Pandeglang) Penyampaian materi yang disampaikan guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, agar pelaksanaan pembelajaran lebih menyenangkan dan dapat mengaktifkan siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat dijadikan alternatif yang dapat mendorong siswa aktif belajar secara berkelompok dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Keroncong Kec. Keroncong Kab. Pandeglang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Pre- Eksperimen dengan desain penelitian one group Pretest-Posttest Design. Populasi atau objek penelitiaannya adalah seluruh siswa kelas V SDN Keroncong. Penelitian ini mengambil Sampel seluruh siswa di Kelas V SDN Keroncong Kec. Keroncong Kab. Pandeglang. Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019. Tahap uji instrumen yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah menentukan rata-rata, menghitung simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang dilakukan di sekolah di kecamatan Koroncong Kabupaten Pandeglang. Menyimpulkan bahwa kemampuan membaca intensif pada mata 2 pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Koroncong dalam memahami isi bacaan yang mendapatkan perlakuan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) lebih baik dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Hal ini dapat dilihat dari nilai siswa setelah mendapatkan perlakuan (treatment), nilai sebelum mendapatkan perlakuan (pre-test) rata-rata 47.17 sedangkan setelah mendapatkan perlakuan (post-test) rata-rata 77.50, dan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung≥ttabel, yakni thitung7.412≥ttabel yakni 1.729 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: Model pembelajaran, Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), kemampuan membaca intensif. Penyampaian materi yang disampaikan guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, agar pelaksanaan pembelajaran lebih menyenangkan dan dapat mengaktifkan siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat dijadikan alternatif yang dapat mendorong siswa aktif belajar secara berkelompok dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Keroncong Kec. Keroncong Kab. Pandeglang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Pre- Eksperimen dengan desain penelitian one group Pretest-Posttest Design. Populasi atau objek penelitiaannya adalah seluruh siswa kelas V SDN Keroncong. Penelitian ini mengambil Sampel seluruh siswa di Kelas V SDN Keroncong Kec. Keroncong Kab. Pandeglang. Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019. Tahap uji instrumen yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah menentukan rata-rata, menghitung simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang dilakukan di sekolah di kecamatan Koroncong Kabupaten Pandeglang. Menyimpulkan bahwa kemampuan membaca intensif pada mata 2 pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Koroncong dalam memahami isi bacaan yang mendapatkan perlakuan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) lebih baik dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Hal ini dapat dilihat dari nilai siswa setelah mendapatkan perlakuan (treatment), nilai sebelum mendapatkan perlakuan (pre-test) rata-rata 47.17 sedangkan setelah mendapatkan perlakuan (post-test) rata-rata 77.50, dan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung≥ttabel, yakni thitung7.412≥ttabel yakni 1.729 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: Model pembelajaran, Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), kemampuan membaca intensif.Nama : EMA DAMAYANTI. NIM: 152400872. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa. (Pre- Eksperimen di kelas V SDN Keroncong Kec. Keroncong Kab. Pandeglang) Penyampaian materi yang disampaikan guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, agar pelaksanaan pembelajaran lebih menyenangkan dan dapat mengaktifkan siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat dijadikan alternatif yang dapat mendorong siswa aktif belajar secara berkelompok dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Keroncong Kec. Keroncong Kab. Pandeglang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Pre- Eksperimen dengan desain penelitian one group Pretest-Posttest Design. Populasi atau objek penelitiaannya adalah seluruh siswa kelas V SDN Keroncong. Penelitian ini mengambil Sampel seluruh siswa di Kelas V SDN Keroncong Kec. Keroncong Kab. Pandeglang. Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019. Tahap uji instrumen yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah menentukan rata-rata, menghitung simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang dilakukan di sekolah di kecamatan Koroncong Kabupaten Pandeglang. Menyimpulkan bahwa kemampuan membaca intensif pada mata 2 pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Koroncong dalam memahami isi bacaan yang mendapatkan perlakuan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) lebih baik dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Hal ini dapat dilihat dari nilai siswa setelah mendapatkan perlakuan (treatment), nilai sebelum mendapatkan perlakuan (pre-test) rata-rata 47.17 sedangkan setelah mendapatkan perlakuan (post-test) rata-rata 77.50, dan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung≥ttabel, yakni thitung7.412≥ttabel yakni 1.729 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: Model pembelajaran, Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), kemampuan membaca intensif. Penyampaian materi yang disampaikan guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, agar pelaksanaan pembelajaran lebih menyenangkan dan dapat mengaktifkan siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat dijadikan alternatif yang dapat mendorong siswa aktif belajar secara berkelompok dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Keroncong Kec. Keroncong Kab. Pandeglang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Pre- Eksperimen dengan desain penelitian one group Pretest-Posttest Design. Populasi atau objek penelitiaannya adalah seluruh siswa kelas V SDN Keroncong. Penelitian ini mengambil Sampel seluruh siswa di Kelas V SDN Keroncong Kec. Keroncong Kab. Pandeglang. Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019. Tahap uji instrumen yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah menentukan rata-rata, menghitung simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang dilakukan di sekolah di kecamatan Koroncong Kabupaten Pandeglang. Menyimpulkan bahwa kemampuan membaca intensif pada mata 2 pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Koroncong dalam memahami isi bacaan yang mendapatkan perlakuan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) lebih baik dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Hal ini dapat dilihat dari nilai siswa setelah mendapatkan perlakuan (treatment), nilai sebelum mendapatkan perlakuan (pre-test) rata-rata 47.17 sedangkan setelah mendapatkan perlakuan (post-test) rata-rata 77.50, dan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung≥ttabel, yakni thitung7.412≥ttabel yakni 1.729 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: Model pembelajaran, Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), kemampuan membaca intensif.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 24 Mei 2019 02:42 |
Perubahan Terakhir: | 24 Mei 2019 02:42 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3949 |
Actions (login required)
Lihat Item |