UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI DAUR HIDUP MAKHLUK HIDUP DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI(PTK Pada Kelas IV SDN Pulo Ampel Ds. Pulo Ampel Kec. Pulo Ampel Serang)

RAHAYU, FITRI (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI DAUR HIDUP MAKHLUK HIDUP DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI(PTK Pada Kelas IV SDN Pulo Ampel Ds. Pulo Ampel Kec. Pulo Ampel Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
JILID.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (132kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (ABSTRAK)
ABSRTAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (6kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (115kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (207kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (172kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (239kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (85kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (138kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (RIWAYAT HIDUP)
RIWAYAT HIDUP.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (97kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Hasil belajar siswa merupakan komponen penting yang harus diperhatikan oleh para praktisi pendidikan,khususnya ditingkat sekolah dasar. Sampai saat ini di Sekolah Dasar Negeri Pulo Ampel telah banyak dilakukan berbagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar tersebut dengan cara memberikan pelajaran-pelajaran tambahan kepada siswa pada saat-saat tertentu. Atas dasar hal tersebut penulis melakukan pembelajaran kontekstual sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Masalah yang diteliti adalah: Bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan daur hidup makhluk hidup. Tujuan dari penelitian ini adalah: mengetahui penerapan-penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan daur hidup makhluk hidup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus tindakan. Setiap tindakan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Pelaksanaan perbaikan dilakukan dalam dua siklus yang dilaksanakan pada tanggal 28 Februari 2015 sampai dengan 11 Maret 2015. Pada studi awal hasil belajar siswa masih sangat rendah hanya sebesar 45%,setelah dilakukan penelitian tindakan kelas,tingkat ketuntasan pada studi IPA siklus I yaitu 70% dan pada siklus II mengalami peningkatan kembali menjadi 95%. Dengan hasil tersebut dapat diketahui bahwa ketuntasan belajar sesuai dengan KKM yaitu 65 telah tercapai. Simpulan dari penelitian ini yaitu,bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada pokok bahasan daur hidup makhluk hidup pada siswa SDN Pulo Ampel.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): HASIL BELAJAR
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 19 Apr 2017 01:20
Perubahan Terakhir: 19 Apr 2017 01:20
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/390

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.