HASAN, HASAN (2019) Pengaruh Media Pembelajaran Domino Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAIkelas VIII di SMPN 3 Kota Serang,. Diploma atau S1 thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SERANG BANTEN.
Teks (BAB I - V)
BAB I-5 acong.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (92kB) |
Abstrak
Hasan. 142101912. 2019. Pengaruh Media Pembelajaran Domino Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PAI siswa kelas VIII di SMPN 3 Kota Serang, dikarenakan guru hanya menggunkan metode konvensional tanpa media pada proses pembelajaran. Salah satu cara yang dapat mengatasi hal ini adalah penggunaan media pembelajaranDomino Card. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan memberikan soal tes dalam bentuk objective test. MenurutHestuaji dalam Abdur Rosyid kartu domino merupakansuatu media pembelajaran yang dapatdigunakanuntukmenarikminatsiswadalamsebuahpembelajaran.Hasilbelajaryaitu, perubahan-perubahan yang terjadipadadirisiswa, baik yang menyangkutaspekkognitif, afektif, danpsikomotorsebagaihasildarikegiatan.Hasil yang di peroleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil to10,34 dengan Degrees of freedom (df) adalah 58. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan level 5% dan 1% dari degrees of freedom yang mana 5% dari df 58 adalah 1,67 dan 1% dari df 58 adalah 2,39. Perbandingan to dengan masing-masing hasil df, hasilnya yaitu 1,67< 2,39 < 10,34. Nilai to lebih besar di bandingkan tt, alternatif hipotesis diterima dan hipotesis noll ditolak. Rata-rata peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 63,6 dan kelas kontrol yaitu 60,1. Hal tersebut berarti bahwa media pembelajaran Domino Card berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, sebagaimana telah di buktikan dari hasil perhitungan statistik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pihak sekolah hendaknya memberikan dukungan pada pengembangan media pembelajaran Domino Card dengan memfasilitasi penggunaan kartu domino di sekolah sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Hal tersebut agar proses pembelajaran tidak membosankan dan memberikan wawasan yang luas untuk siswa belajar. Kata Kunci :Media PembelajaranDomino Card, Mata Pelajaran, PAI
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 23 Mei 2019 01:58 |
Perubahan Terakhir: | 23 Mei 2019 01:58 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3880 |
Actions (login required)
Lihat Item |