Suardi, Adila (2019) Efektivitas Penggunaan Powerpoint Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri 4 Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SERANG BANTEN.
|
Teks (FULL)
SKRIPSI ADILA SUARDI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (2MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Nama Adila Suardi, NIM 152101968, judul Skripsi Efektivitas Penggunaan Powerpoint Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri 4 Pandeglang). Media pembelajaran yang digunakan oleh guru bidang studi pendidikan agama Islam sementara ini cenderung membuat siswa jenuh, dimana penyampaian materi dengan lisan maupun dengan lembaran foto kopian, atau sekedar menulis di papan tulis. Kelemahan dari metode tersebut adalah siswa lebih cepat bosan atau kurang antusias terhadap pelajaran atau materi yang diberikan. Media pembelajaran powerpoint dirasa sangat tepat untuk mengatasi pembelajaran yang dirasa cukup membosankan bagi para siswa di dalam kelas, karena media ini memberikan informasi secara audio visual sehingga siswa dapat menyerap informasi dengan melihat, mendengar, dan merespon secara langsung. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui keaktifan belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam kelas eksperimen, untuk mengetahui keaktifan belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam kelas kontrol dan untuk mengetahui perbedaan keaktifan belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol di SMA Negeri 4 Pandeglang. Salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh guru adalah dengan menggunakan media pembelajaran powerpoint. Media powerpoint diharapkan mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hipotesis dalam penelitian merupakan jawaban sementara terhadap rumusan masalah penelitian, dimana rumusan masalah penelitian telah dinyatakan dalam bentuk kalimat pertanyaan. Dalam penelitian ini hipotesis yang digunakan sebagai berikut.Penggunaan powerpoint sebagai media pembelajaran efektif terhadap keaktifan belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Exsperimental Design desain yang digunakan adalah Noneequivalent Control Group Design. Adapun teknik pengumpulan data ini yaitu dengan observasi, wawancara, penyebaran angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, presentase skor keaktifan belajar siswa kelas eksperimen setelah perlakuan memiliki skor sebesar 83,72 dan kelas kontrol sebesar 72,44 pada angket terakhir. Selain itu, dari hasil perhitungan hipotesis kelas eksperimen dan kelas control setelah perlakuan diperoleh skor sebesar 7,972 1,688.Simpulan dari hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara keaktifan belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada hasil skor angket akhir.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 23 Mei 2019 01:58 |
Perubahan Terakhir: | 23 Mei 2019 01:58 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3866 |
Actions (login required)
Lihat Item |