Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Minat Belajar pada Bidang Studi Fiqih (Studi di MTs Al-Rahmah Lebakwangi Walantaka Kota Serang Banten).

Pradika, Ayu Ratih Rizki (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Minat Belajar pada Bidang Studi Fiqih (Studi di MTs Al-Rahmah Lebakwangi Walantaka Kota Serang Banten). Diploma atau S1 thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SERANG BANTEN.

[img] Teks (FULL SKRIPSI)
SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstrak

Ayu Ratih Rizki Pradika. NIM : 152102028, judul skripsi Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Minat Belajar pada Bidang Studi Fiqih (Studi di MTs Al-Rahmah Lebakwangi Walantaka Kota Serang Banten). Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada bidang studi Fiqih. Salah satu upaya untuk memperbaiki rendahnya minat belajar siswa tersebut ialah dengan menerapkan model pembelajaran yang menyenangkan dan dapat menarik minat siswa. Model pembelajaran picture and picture adalah model pembelajaran yang mengutamakan gambar dalam proses pembelajarannya dan peserta didik dilatih berfikir secara logis dan sistematis. Dengan model pembelajaran picture and picture ini siswa akan merasa lebih senang dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana pelaksanaan pembelajaran fiqih di MTs Al-Rahmah ? Bagaimanakah minat belajar siswa pada pelajaran fiqih di MTs Al-Rahmah ? dan Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap peningkatan minat belajar siswa pada pelajaran fiqih di MTs Al-Rahmah ?. Tujuan dalam penelitian ini adalah : Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Fiqih di MTs Al-Rahmah.Untuk mengetahui minat belajar siswa pada pelajaran Fiqih di MTs Al-Rahmah, dan Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap peningkatkan minat belajar siswa di MTs Al-Rahmah pada bidang studi Fiqih. Manfaat penelitian ini yaitu manfaat teoritis dan manfaat praktis yang ditujukkan pada peneliti, guru, siswa, madarasah serta kalangan akademisi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-Eksperimental One-Group PretestPosttest Design, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil dari analisis presentasi data pada variabel X berjumlah 94,40 % yang berarti model pembelajaran picture and picture termasuk dalam kategori baik, kemudian variabel Y berjumlah 71,20 % yang berarti minat belajar termasuk dalam kategori baik. Kesimpulan dengan menggunakan t hitung diperoleh nilai sebesar 11,87 dan t tabel sebesar 1,711 menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran picrure and picture terhadap minat belajar siswa. Kata kunci : Model Pembelajaran picture and picture, Minat Belajar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 23 Mei 2019 01:56
Perubahan Terakhir: 23 Mei 2019 01:56
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3842

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.