Penerapan Tahsin Tilawah Dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur’an Santri (PTK pada Santri Usia 16-19 Tahun di Pon-pes Al-Qur’an At-Thabraniyah Kota Serang).

Istiqomah, Istiqomah (2019) Penerapan Tahsin Tilawah Dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur’an Santri (PTK pada Santri Usia 16-19 Tahun di Pon-pes Al-Qur’an At-Thabraniyah Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SERANG BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
cover Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR ISI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (138kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Persembahan Skripsi Istiqomah.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (395kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (215kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Istiqomah. 152101992. 2019. Penerapan Tahsin Tilawah Dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur’an Santri (PTK pada Santri Usia 16-19 Tahun di Pon-pes Al-Qur’an At-Thabraniyah Kota Serang). Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman dan pengaplikasian ilmu tajwid oleh santri dalam membaca Al-Qur’an serta kurang optimalnya penerapan Tahsin Tilawah terhadap santri yang belum fasih dalam membaca Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Tahsin Tilawah Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Qur’an At-Thabraniyah dan untuk meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Al-Qur’an At-Thabraniyah melalui penerapan Tahsin Tilawah Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan terhadap kefasihan membaca Al-Qur’an santri melalui penerapan Tahsin Tilawah Al-Qur’an. Penerapan Tahsin Tilawah di Pondok Pesantren Al-Qur’an At-Thabraniyah nampak sudah sangat bagus, yakni mencapai angka 83,33% untuk aktivitas pembelajaran guru, dan 90,62% untuk aktivitas pembelajaran santri. Peningkatan tersebut terjadi setelah dilakukan berbagai perbaikan pada siklus II, yakni penerapan Tahsin Tilawah dengan menggunakan metode talaqqi dan membentuk kelompok kecil untuk klasikal baca simak sebagai upaya perbaikan untuk membimbing secara intensif santri yang masih kurang fasih dalam membaca Al-Qur’an. Berdasarkan hasil tes, refleksi dan perbaikan yang dilakukan pada siklus II, kefasihan membaca Al-Qur’an santri mengalami peningkatan yang signifikan. Terdapat 86,36% dari 22 santri usia 16-19 tahun yang kurang fasih dalam membaca Al-Qur’an mendapatkan nilai 75 dengan nilai rata-rata 77,5. Hal ini menunjukkan bahwa angka tersebut sudah mencapai indikator keberhasilan PTK yang telah ditetapkan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Tahsin Tilawah dapat meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an santri usia 16-19 tahun di Pondok Pesantren Al-Qur’an At-Thabraniyah. Kata Kunci : Tahsin Tilawah Al-Qur’an, Kefasihan Membaca Al-Qur’an, Santri. FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN MAULANA HASANUDDIN BANTEN

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran
2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran > 2x1.12 Ilmu-ilmu qiraat
2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran > 2x1.12 Ilmu-ilmu qiraat > 2x1.122 Macam-macam qiraat
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 23 Mei 2019 01:56
Perubahan Terakhir: 23 Mei 2019 01:56
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3836

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.