Baehaki, Tb Kiki Rachmat (2019) Analisis Standard Operating Procedure Penyelesaian Klaim Peserta Pada Perusahaan Pialang Asuransi Syariah PT Estika Jasatama Jakarta. Diploma atau S1 thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SMH BANTEN.
|
Teks (FULL SKRIPSI)
SKRIPSI FULL.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Nama: Tb Kiki Rachmat Baehaki, NIM: 151600129, Judul Skripsi: Analisis Standard Operating Procedure Penyelesaian Klaim Peserta Pada Perusahaan Pialang Asuransi Syariah PT Estika Jasatama Jakarta. Adanya klaim yang tidak di cover penanggung karena peserta tidak mengetahui peran dan fungsi pialang asuransi syariah dan ketidakpahaman peserta terhadap prosedur penyelesain klaim yang berlaku pada perusahaan. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana bentuk Standard Operating Procedure (SOP) penyelesaian klaim peserta pada perusahaan pialang asuransi syariah PT. Estika Jasatama Jakarta? 2) Bagaimana pelaksanaan Standard Operating Procedure (SOP) penyelesaian klaim peserta pada perusahaan pialang asuransi syariah PT. Estika Jasatama Jakarta? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui bentuk Standard Operating Procedure (SOP) penyelesaian klaim peserta pada perusahaan. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan SOP penyelesaian klaim peserta pada perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian langsung yang dilakukan dengan cara wawancara pada perusahaan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian dokumen yaitu dengan mengumpulkan data dan informasi melalui arsip dokumen. Dan menggunakan dua sumber data yang pertama data primer dengan menggunakan teknik wawancara terstruktur dan tidak terstruktur. Dan penulis menggunakan data sekunder yang didapatkan dari buku, majalah, internet dan sumber-sumber tertulis yang lainnya yang mengandung informasi yang berhubungan dengan tema penelitian. penelitian ini adalah bahwa Standard Operating Procedure (SOP) pengajuan klaim pada pialang asuransi. Peserta harus melaporkan kejadian klaim kepada perusahaan pialang dan memberikan dokumen klaim yang valid untuk diproses lebih lanjut. Setelah dokumen klaim sudah valid perusahaan pialang akan melaporkan kejadian klaim tersebut kepada perusahaan penanggung, kemudian perusahaan penangung akan memeriksa validitas klaim, setelah itu perusahaan penanggung akan survei lapangan. Setelah prosedur tersebut selesai dilaksanakan perusahaan penanggung akan memutuskan klaim tersebut akan dibayar apa tidak. Kata kunci : Standard Operating Procedure, Klaim, Pialang Asuransi Syariah.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 368 Asuransi |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 15 Mei 2019 01:34 |
Perubahan Terakhir: | 15 Mei 2019 01:34 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3701 |
Actions (login required)
Lihat Item |