Konsep Alquran Tentang Kesejahteraan Sosial (Studi Tafsir Tematik)

AZIZAH, AYI ERMA (2017) Konsep Alquran Tentang Kesejahteraan Sosial (Studi Tafsir Tematik). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (LAMPIRAN SKRIPSI PENUH)
AYI ERMA AZIZAH, 123200145.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstrak

Tingginya persentase permasalahan kurang kesejahteraan di Indonesia seperti kemiskinan, pengangguran, kesenjangan sosial dan konflik sosial, ditambah lagi pandangan masyarakat yang menitikberatkan kesejahteraan sosial pada terpenuhinya kebutuhan yang bersifat material dan individual saja. Serta kurangnya kepedulian di antara anggota masyarakat menjadikan kesejahteraan sebagai cita-cita yang sulit untuk direalisisikan.. Padahal mayoritas penduduk indonesia beragama Islam dan meyakini kitab suci Alquran. Alquran sebagai kitab yang sempurna dan komprehensif memuat segala aspek kehidupan manusia termasuk kesejahteraan sosial. Kesejahteraan sosial dalam Alquran menitikberatkan pada pemenuhan tanggung jawab sosial manusia disamping tanggung jawab individualnya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Apa pengertian kesejahteraan sosial dalam perspektif Alquran? 2. Sebutkan ayat-ayat yang berkaitan dengan kesejahteraan sosial? 3. Bagaimana pandangan para mufassir terhadap ayat-ayat yang berkaitan dengan kesejahteraan sosial? Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui pengertian kesejahteraan sosial dalam perspektif Alquran. 2. Untuk mengetahui ayat-ayat yang berkaitan dengan kesejahteraan sosial. 3. Untuk mengetahui bagaimana pandangan para mufassir terhadap ayat-ayat yang berkaitan dengan kesejahteraan sosial. Dalam penelitian ini penulis menggunakan studi kepustakaan (Library Reseach). Yaitu penelitian yang menitik beratkan pada pengolahan filosofis dan teoritis literature-literatur hasil penelitian sebelumnya. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode tematik, yaitu dengan menghimpun dan mendeskripsikan penafsiran para mufassir yang berhubungan dengan tema yang sedang diteliti, yakni Konsep kesejahteraan sosial dalam Alquran. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: kesejahteraan sosial dalam Alquran ialah kondisi aman (jauh dari gangguan, baik alam-fisik maupun sosial) dan relasi yang harmonis antar manusia, sehingga setiap manusia dapat menjalankan fungsi sosial kekhilafahannya, mereka memiliki hubungan sosial yang baik dengan sesama manusia, saling menyayangi dan membantu, terutama kepada orang-orang yang memiliki problem sosial. Mewujudkan kesejahteraan sosial dalam Alquran adalah dengan merealisasikan kebutuhan-kebutuhan yang memiliki dampak positif bagi seluruh anggota dalam masyarakat disamping pemenuhan kebutuhan yang bersifat individualnya. Karena mewujudkan kesejahteraan sosial adalah bentuk pemenuhan manusia akan tanggung jawab sosialnya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kesejahteraan Sosial, Alquran, Tafsir, Tematik.
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 17 Apr 2017 01:10
Perubahan Terakhir: 17 Apr 2017 01:10
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/368

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.