Mu’izzuddin, Mochamad (2019) ANALISIS KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA DITINJAU DARI KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM ASPEK KONTEN DAN PSIKOLOGI (Studi di MA Se-Kab/Kota Serang). KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.
|
Teks (ANALISIS KURIKULUM BAHASA ARAB)
Analisis Kurikulum Bahasa Arab ditinjau dari kesulitan dalam aspek konten dan psikologi_compressed.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (729kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Mochamad Mu’izzuddin, Analisis Kurikulum Pembelajaran bahasa Arab di MA ditinjau dari Kesulitan Belajar siswa dalam Aspek Konten dan Psikologi (Studi di MA Se-Kab/Kota Serang. Latar belakang masalah Kurikulum bahasa di MA masih dianggap oleh sebagian siswa sebagai mata pelajaran yang menakutkan dan sulit dipahami serta dikuasainya. Permenag no 2 tahun 2008 tentang standar isi kurikulum bahasa tentang perumusan Standar Kompetensi dan Kompetensi Pembelajaran bahasa Arab ) di MA nampaknya belum dapat diimplementasikan dengan baik dalam proses pembelajaran Pembelajaran bahasa Arab di MA disebabkan oleh beberapa kelemahan dan kekurangan di lapangan. Perumusan masalah adalah (1) Bagaimana analisis kurikulum Pembelajaran bahasa Arab di MA ditinjau dari kesulitan belajar dalam aspek konten berdasarkan pada pengembangan indicator yang dikembangkan yang sesuai dengan SK dan KD bahasa Arab? (2) Bagaimana analisis kurikulum Pembelajaran bahasa Arab di MA ditinjau dari kesulitan belajar dalam aspek psikologi berdasarkan pada pengembangan indicator yang dikembangkan yang sesuai dengan SK dan KD bahasa Arab? Penelitian ini bertujuan Mengidentifikasi analisis kurikulum Pembelajaran bahasa Arab di MA ditinjau dari kesulitan belajar dalam aspek konten berdasarkan pada pengembangan indicator yang dikembangkan yang sesuai dengan SK dan KD bahasa Arab. Mengidentifikasi analisis kurikulum Pembelajaran bahasa Arab di MA ditinjau dari kesulitan belajar dalam aspek psikologi berdasarkan pada pengembangan indicator yang dikembangkan yang sesuai dengan SK dan KD bahasa Arab. Metodologi penelitian ini digunakan Metode penelitian ini adalah metode ekspository survey terhadap Analisis Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di MA Ditinjau dari Kesulitan Belajar Siswa dalam Aspek Konten dan Psikologi. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif dilakukan untuk mendeskripsikan Analisis Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di MA Ditinjau dari Kesulitan Belajar Siswa dalam Aspek Konten dan Psikologi yang dilakukan guru bahasa Arab di MA se-Kab/Kota Serang. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, angket, dan observasi peneliti di lapangan. Hasil Penelitian ditemukan bahwa kesulitan pembelajaran bahasa Arab dalam aspek konten pada pelafalan kebahasaan Arab, menangkap makna dan ungkapan, menyampaikan gagasan atau pendapat secara hafalan, mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat, menyusun kalimat bahasa Arab dari gagasan yang ada dibenak siswa untuk dituangkan kedalam bahasa tulis bahasa Arab yang sangat sarat kaidah bahasa Arab, kemampuan siswa menyusun kalimat-kalimat (jumlah) acak menjadi paragraph, kemampuan menjawab beberapa pertanyaan untuk menyusun paragraf dengan struktur kalimat yang diprogramkan, dan melengkapi kalimat dengan memilih ungkapan yang tepat. Kesulitan pembelajaran bahasa Arab dalam aspek psikologi Kesulitan belajar siswa MA pada materi pembelajara bahasa Arab yang bersifat kognitif dalam kemudahan rerata 33,95, bersifat afektif sebesar 57.52 %, bersifat psikomotorik dengan ditandai rendahnya siswa berupaya untuk mengabaikan perhatian dalam pembelajaran bahasa Arab yang ditandai rerata sebesar 73.83 %
Tipe Item/Data: | Artikel |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | KURIKULUM BAHASA ARAB |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 15 Mei 2019 01:32 |
Perubahan Terakhir: | 15 Mei 2019 01:32 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3674 |
Actions (login required)
Lihat Item |