IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PAIKEM TERHADAP KETERCAPAIAN HASIL MENGAJAR GURU BAHASA ARAB (Studi di 3 MTsN se-Kab/Kota Serang)

Mu’izzuddin, Mochamad (2010) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PAIKEM TERHADAP KETERCAPAIAN HASIL MENGAJAR GURU BAHASA ARAB (Studi di 3 MTsN se-Kab/Kota Serang). Laporan Proyek. IAIN SMH Banten, Serang.

[img] Teks
IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PAIKEM TERHADAP KETERCAPAIAN HASIL MENGAJAR GURU BAHASA ARAB _compressed-1 - Copy.pdf

Download (866kB)

Abstrak

Mochamad Mu’izzuddin, Implementasi Strategi Pembelajaran PAIKEM Terhadap Ketercapaian Hasil Mengajar Guru Bahasa Arab (Studi di 3 MTsN se-Kab/Kota Serang). Latar belakang masalah Banyaknya guru bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah yang mengikuti kegiatan pendidikan dan latihan guru professional masih memberikan indikasi rendahnya kualitas guru profesional dalam mengajar bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah yang belum lulus dalam kegiatan sertifikasi guru professional yang diharapkan. Perumusan masalah adalah (1) Bagaimana implementasi strategi pembelajaran PAIKEM? (2) Bagaimana ketercapaian hasil mengajar guru bahasa Arab di kelas?(3) Apakah ada hubungan yang signifikan antara implementasi strategi pembelajaran PAIKEM dengan ketercapaian hasil mengajar guru bahasa Arab?Penelitian ini bertujuan menginventarisasi peranan professional guru dalam pembelajaran. pendekatan dan metode-metode pembelajaran, dan prinsip-prinsip dan penerapan strategi pembelajaran PAIKEM. Mengidentifikasi Ketercapaian hasil mengajar guru bahasa Arab di 3 MTsN se-Kab./Kota Serang. Mengetahui signifikansi hubungan antara implementasi strategi pembelajaran PAIKEM dengan ketercapaian hasil mengajar guru bahasa Arab. Metodologi penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif dilakukan untuk mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran PAIKEM. Adapun pendekatan kuantitatif dilakukan untuk melihat tingkat signifikansi hubungan antara kedua variable, yaitu tingkat implementasi strategi pembelajaran PAIKEM dan ketercapaian hasil mengajar guru bahasa Arab.. Hasil Penelitian ditemukan bahwa implementasi strategi pembelajaran PAIKEM lebih cenderung dari hasil jawaban responden menunjukan pada implementasi strategi pembelajaran PAIKEM bagi guru bahasa Arab yang baik secara umum dengan ditandai nilai data angket rerata 98,8 dengan klasifikasi berada pada kategori baik, karena berada diposisi antara 76 - 100. Sedangkan skor tertinggi antara 101 – 125. Ketercapaian hasil mengajar bahasa Arab pada siswa semester ganjil kelas VIII di tiga MTsN seKabupaten/Kota Serang menunjukkan rerata 74,3 yang mengandung arti cukup secara kualitatif. Hubungan antara implementasi strategi pembelajaran PAIKEM terhadap ketercapaian hasil mengajar bahasa Arab bagi guru bahasa Arab di tiga MTsN seKabupaten/Kota Serang menunjukkan keberartian hubungan dengan pemerolehan korelasi (r = 0,53) yang menandai hubungan yang sedang karena berada pada kategori (0,40 – 0,60). Sumbangsih implementasi strategi pembelajaran PAIKEM terhadap ketercapaian hasil mengajar bahasa Arab dengan rumus koefisien determinasi, didapat besaran sumbangan variable X terhadap variable Y sebesar 28,09 %.

Tipe Item/Data: Monografi (Laporan Proyek)
Kata Kunci (keywords): Pendidikan, Pengajaran, Strategi Pembelajaran
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 26 Apr 2019 04:13
Perubahan Terakhir: 26 Apr 2019 04:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3665

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.