Pengaruh Media Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak (Studi di Kelas XI MAN 2 Kota Serang)

Apriani, Dina (2019) Pengaruh Media Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak (Studi di Kelas XI MAN 2 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks (COVER)
cover ok skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (143kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (22kB)
[img] Teks (BAB I -V)
BAB 1-4 munaqosah.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (851kB)

Abstrak

Nama Dina Apriani, NIM 142101780, Pengaruh Media Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak (Studi di Kelas XI MAN 2 Kota Serang) Pada proses belajar mengajar di kelas tentu banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswanya. Oleh karena itu, sangat diperlukan faktor keberhasilan dalam belajar agar tercapainya suatu tujuan pendidikan sesuai dengan harapan gurunya. Kehadiaran media pada saat proses mengajar mempunyai arti yang cukup penting, media dapat mewakilkan apa yang kurang mampu guru ucapkan melalui kata-kata atau kalimat tertentu. Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa dan apakah terdapat pengaruh media komik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 2 Kota Serang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 2 Kota Serang dan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Aqidah Akhlak di MAN 2 Kota Serang. Dan manfaat dari penelitian ini yaitu bagi teoritis, praktis (guru, sekolah dan penelitian). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Dsigen (Nonequivalent Control Group Desaign)atau eksperimen semu dengan menentukan kelompok eksperimen dan kontrolnya tidak menggunkan sistem random dan pada penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan tes karena ini menunjukan kepada hasil belajar maka tes yang digunakan yaitu tes tulis jenis multipe choiche atau pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 78,16, sedangkan responden kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 69,16. Dapat dikatakan bahwa nilai pencapaian kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Simpulan data yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Berdasarkan hasil perhitungan statistik, pada uji hipotesis bahwa diperoleh hasil perhitungan menunjukan bahwa 5,35 berada di luar interval, atau t hitung lebih besar dari t tabel, maka Ho ditolak Ha diterima. Maka terdapat pengaruh media komik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 27 Feb 2019 07:58
Perubahan Terakhir: 27 Feb 2019 07:58
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3551

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.