Strategi Komunikasi dalam Perubahan Status IAIN Menjadi UIN (Studi di Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten)

Hidayat, Muhamad Syamsul (2019) Strategi Komunikasi dalam Perubahan Status IAIN Menjadi UIN (Studi di Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (FULL SKRIPSI)
SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Perubahan IAIN menjadi UIN merupakan upaya revitalisasi perguruan tinggi Islam di tengah-tengah kecenderungan masyarakat yang lebih meminati pendidikan yang dapat memberikan kemampuan teknologis dibanding pendidikan agama yang bersifat etis. Melalui perubahan yang ditandai dengan dibukanya prodi-prodi umum yang melengkapi prodi-prodi agama yang sudah dikembangkan, diharapkan minat masyarakat kembali meningkat. Selain itu, perubahan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan peran serta dosen dan mahasiswa serta alumni IAIN dalam kehidupan masyarakat. Hal tersebut menjadi ketertarikan penelitiuntuk mengkaji lebih dalam tentang strategi komunikasi dalam perubahan status IAIN menajdi UIN. Berdasakan latar belakang di atas, maka rumusan masalah: 1) Bagaimana tahapan proses perubahan status IAIN menjadi UIN? 2) Bagaimana pola komunikasi yang dilakukan pimpinan lembaga dalam perubahan status IAIN menjadi UIN? Peneltian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui tahapan proses perubahan status IAIN menjadi UIN, 2) Untuk mengetahui tahapan pola komunikasi yang dilakukan pimpinan lembaga dalam perubahan status IAIN menjadi UIN. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunaka pendekatan deskriptif analisis. Adapun teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa proses perbuhana status IAIN menjadi UIN ditempuh dengan tahapan rapat intern, seminar, lokakarya dan sarasehan untuk merumuskan pembuatan proposal yang akan diajukan kepada kementrian agama, kemenritekdikti, kemenpan RB hingga sampai keluarnya peraturan presiden. Strategi komunikasi yang dilakukan Prof. Dr. H. Fauzul Imam, M.A., untuk mencapai perubahan status menjadi UIN yaitu pola komunikasi yang ditempuh secara formal dan informal, dengan melakukan pendekatan kepada pemerintah daerah, tokoh-tokoh masyarakat Banten dan pemerintah pusat melalui jaringan yang sudah lama dibangun sejak aktif di organisasi mahasiswa dan organisasi masyarakat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 25 Feb 2019 06:49
Perubahan Terakhir: 27 Mar 2024 02:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3494

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.