PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM(Studi di SMPN 2 Pabuaran Kabupaten Serang)

VERAWATI, FANI (2017) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM(Studi di SMPN 2 Pabuaran Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (146kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (9kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I. revisi docx.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (257kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (259kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (394kB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (550kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (8kB)
[img] Teks (RIWAYAT HIDUP)
RIWAYAT HIDUP.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (72kB)

Abstrak

Pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL)merupakan strategi pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan peserta didik secara penuh untuk dapat menemukan hubungan antara materi yang dipelajari dengan realitas kehidupan nyata, sehingga mendorong peserta didik untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Materi pembelajaran mengacu pada kurikulum persekolahan yang berlaku materi pembelajaran yang termuat dalam kurikulum merupakan materi asensial dalam suatu ilmu yang harus dimiliki oleh siswa. Berdasarkan latar belakang diatas rumusan masalahnya yaitu untuk mengetahui sejauhmana Pendekatan Pembelajaran Kontekstual, Hasil Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan berbagai fenomena empirik berkenaan dengan realitas pendekatan pembelajaran kontekstual, realitas hasil pembelajaran pendidikan agama Islam dan realitas pengaruh antara keduanya. Permasalahan di atas diangkat berdasarkan kerangka pemikiran yang menyatakan bahwa pemberlakuan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dapat mempengaruhi Hasil Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan statistik dan t eknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, angket, dan studi pustaka. Teknik observasi yakni mengadakan pengamatan langsung kondisi objektif SMPN 2 Pabuaran Kabupaten Serang, sedangkan teknik wawancara yakni melakukan tanya jawab dengan pihak sekolah, dan angket yaitu membuat beberapa pertanyaan - pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa - siswi SMPN 2 Pabuaran Kabupaten Serang yang dijadikan sampel, yaitu sebanyak 50 responden. Sedangkan teknik studi pustaka yaitu menelaah sejumlah buku seba gai bahan rujukan adapun untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan teknik analisis korelasi product moment. Selajutnya hasil uji signifikan korelasi menunjukan bahwa t hitung = 0,22 dan t tabel = 1,68. Dimana t hitung (0,22) < t tabel (1,68) interprestasinya adalah: terdapat pengaruh variabel X (Pendekatan Pembelajaran Kontekstual) terhadap variabel Y (Hasil Pembelajaran Pendidikan Agama Islam) sebesar 0,09% sedangkan sisanya 99,91% dipengaruhi oleh faktor lain, baik faktor dalam pembelajaran kontekstual itu sendiri maupun faktor yang di luar pembelajaran kontekstual yang akan diteliti lebih lanjut. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: berdasarkan hasil analisis korelasi dengan menggunakan product moment ( rxy) diketahui bahwa indeks koefisien korelasi = 0,09. Hal ini menunjukan bahwa terdapat Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pendekatan kontekstual
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 17 Apr 2017 01:09
Perubahan Terakhir: 17 Apr 2017 01:09
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/343

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.