Masyruroh, Masyruroh (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Model Direct Instruction pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Manusia. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (7kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (233kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (276kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (443kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (941kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (90kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (216kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Masyruroh. 132400632. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Model Direct Instruction pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Manusia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran IPA agar siswa dapat memahami teori atau konsep sains melalui perangkat pembelajaran yang berbeda. Pengembangan perangkat pembelajaran ini adalah berupa RPP, LKS, dan Instrumen Penilaian Hasil Belajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk membuat dan mengembangkan perangkat pembelajaran berorientasi model direct instruction pada pokok bahasan sistem pernapasan manusia untuk Kelas V. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Sugiyono. Model pengembangan ini terdiri atas 7 langkah yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) revisi desain produk, (5) validasi desain, (6) uji coba produk terbatas, (7) revisi produk. Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi model direct instruction divalidasi oleh para ahli yang terdiri dari ahli IPA dan ahli pendidikan. Selanjutnya, perangkat pembelajaran diujicobakan pada siswa kelas V MI Al-Khairiyah Pipitan. Pengisian angket juga dilakukan oleh observer dan guru untuk mengetahui sejauh mana penggunaan produk. Hasil validasi penelitian ini menunjukkan bahwa validasi ahli IPA berada pada klasifikasi sangat baik untuk instrumen penilaian RPP, instrumen penilaian LKS, dan instrumen penilaian hasil belajar; validasi ahli pendidikan berada pada klasifikasi baik untuk instrumen penilaian RPP, instrumen penilaian LKS, dan instrumen penilaian hasil belajar; dan uji coba kelompok kecil pada klasifikasi sangat baik; validasi observer pada klasifikasi sangat baik; dan penilaian guru secara keseluruhan menilai proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran kemampuan siswa memahami materi lebih baik, dan menghasilkan pembelajaran bermakna. Dengan demikian, perangkat pembelajaran berorientasi model direct instruction dapat digunakan sebagai perangkat pembelajaran IPA.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 19 Feb 2019 07:27 |
Perubahan Terakhir: | 19 Feb 2019 07:27 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3404 |
Actions (login required)
Lihat Item |