Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen Di SMK Bina Am Ma’mur Cikupa Kab. Tangerang).

Putri, Angie Widiyani (2019) Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen Di SMK Bina Am Ma’mur Cikupa Kab. Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks (COVER)
revisi cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (112kB)
[img] Teks (LAMPIRAN)
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (315kB)
[img] Teks (BAB I - V)
bab 1-5 - Copy.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstrak

Angie Widiyani Putri. 142101765. 2018. Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen Di SMK Bina Am Ma’mur Cikupa Kab. Tangerang). Penggunaan LKPD sebagai bahan ajar, diharapkan dapat mempermudah peserta didik untuk memahami materi yang diberikan oleh guru dan mempermudah guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Untuk mengetahui hasil belajar siswa SMK Bina Am Ma’mur pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap hasil belajar siswa di SMK Bina Am Ma’mur. Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam proses pembelajaran memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Karena Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) memudahkan guru menyampaikan pesan, membantu peserta didik mengembangkan konsep dan aktif dalam belajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah Ha: Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan siswa yang tidak menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Ho: Tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan siswa yang tidak menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Peneliti menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu tes dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukan bahwa penggunaan Lebar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap hasil belajar siswa membuahkan hasil. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata pre test 56,61 yang menunjukan kemampuan awal siswa. Kemudian setelah menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) nilai rata-rata post test menjadi 67,55.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 13 Feb 2019 07:07
Perubahan Terakhir: 13 Feb 2019 07:07
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3387

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.