Hubungan Pemahaman Akhlak Mulia dan Perhatian Orang Tua dengan Ketaatan Beribadah Siswa di MTs. Miftahul Jannah Cikupa Kabupaten Tangerang

MAEMUNAH, SITI (2019) Hubungan Pemahaman Akhlak Mulia dan Perhatian Orang Tua dengan Ketaatan Beribadah Siswa di MTs. Miftahul Jannah Cikupa Kabupaten Tangerang. Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks (BAB I)
BAB I.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (55kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (541kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (387kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (325kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (150kB) | Pra Tinjau
[img] Teks (LAMPIRAN)
PENDAHULUAN.doc
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (357kB)

Abstrak

SITI MAEMUNAH, NIM : 1540101272 : “Hubungan Pemahaman Akhlak Mulia dan Perhatian Orang Tua dengan Ketaatan Beribadah Siswa di MTs. Miftahul Jannah Cikupa Kabupaten Tangerang“ Manusia sebagai makhluk Allah yang paling sempurna dianugerahi kemuliaan dan kelebihan dengan berbagai potensi (fitrah) yang dibawa sejak lahir, salah satunya adalah fitrah beragama yaitu menerima Allah sebagai Tuhan. Oleh karena itu manusia akan berusaha menjalankan ajaran agamanya dengan baik dan benar serta mengembangkan potensi dasar tersebut secara berkesinambungan. Keluarga (orang tua) dan guru mempunyai peran yang sangat penting dalam upaya pengembangan potensi dasar tersebut. Dengan demikian dapat dipahami bahwa orang tua dan guru mempunyai andil yang sangat besar dalam menumbuhkembangkan rasa kesadaran beragama, mengembangkan nilai nilai akhlak pada anak didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat hubungan antara pemahaman akhlak mulia dengan ketaatan beribadah siswa di MTs. Miftahul Jannah Cikupa Tangerang ? (2) Apakah terdapat hubungan antara pemahaman akhlak mulia dengan ketaatan beribadah siswa di MTs. Miftahul Jannah Cikupa Tangerang ? dan (3) Apakah terdapat hubungan antara pemahaman akhlak mulia dan perhatian orang tua secara bersama-sama berhubungan dengan ketaatan beribadah siswa di MTs. Miftahul Jannah Cikupa Tangerang ? Penelitan ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik korelasional. Sampel pada penelitian ini adalah Siswa dan Orang tua Siswa dengan menggunakan Metode Pengumpulan Data berupa Test Tulis dan Angket. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pemahaman akhlak mulia dengan ketaatan beribadah, hubungan antara perhatian orang tua dengan ketaatan beribadah, dan hubungan antara pemahaman akhlak mulia dan perhatian orang tua secara bersama-sama dengan ketaatan beribadah siswa di MTs, Miftahul Jannah Cikupa Kabupaten Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, hubungan antara pemahaman akhlak mulia (X1) dengan ketaatan beribadah (Y) adalah positif dan signifikan, dimana persamaannya Ŷ = -8,366 + 1,195 X1 dengan nilai ry1 = 0,939 pada taraf alpha 5 % yang menunjukkan korelasi cukup. Korelasi parsial antara X1 dan Y dengan X2 dianggap konstan, didapat nilai r y1.2 = 0,2321 yang berarti korelasi parsialnya tidak signifikan. Sementara itu koefisien determinasi atau kontribusi r2 = 88,2 % variasi ketaatan beribadah dapat dijelaskan oleh pemahaman akhlak mulia. Kedua, hubungan antara perhatian orang tua (X2) dengan ketaatan beribadah (Y) adalah positif dan signifikan, dimana persamaannya Ŷ = -86,590 + 1,799 X2 dengan nilai ry2 = 0,937 pada taraf alpha 5 % yang menunjukkan korelasi tinggi. Korelasi parsial antara X2 dan Y dengan X1 dianggap konstan, didapat nilai ry2.1 = 0,2535 yang berarti korelasi parsialnya signifikan. Sementara itu koefisien determinasi atau kontribusi r2 = 87,8 % variasi ketaatan beribadah dapat dijelaskan oleh perhatian orang tua. Ketiga, hubungan antara pemahaman akhlak mulia (X1) dan perhatian orang tua (X2) secara bersama-sama dengan ketaatan beribadah (Y) adalah positif dan signifikan, dimana persamaannya Ŷ = -51,957 + 0,727 X1 + 0,714 X2. dengan nilai Ry.12 = 0,941 pada taraf alpha 5 % yang menunjukkan korelasi tinggi. Sementara itu koefisien determinasi atau kontribusi R2 = 88,5 % variasi ketaatan beribadah dapat dijelaskan oleh pemahaman akhlak mulia dan perhatian orang tua secara bersama-sama. Kesimpulan pada penelitian ini adalah 1. Adanya Hubungan yang positif antara Pemahaman Akhlak Mulia dengan Ketaatan Siswa dalam Beribadah. 2. Adanya Hubungan yang positif antara Perhatian Orang tua dengan Ketaatan Siswa dalam Beribadah, 3. Adanaya Hubungan yang positif antara Pemahaman Akhlak Mulia dan Perhatian Orang tua secara bersama sama dengan Ketaatan Siswa dalam Beribadah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Subjek: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisi: Magister
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 13 Feb 2019 07:06
Perubahan Terakhir: 13 Feb 2019 07:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3369

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.