PENGARUH KONSEP DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi di SMP Negeri 11 Kota Serang)

Aamsiah, (2015) PENGARUH KONSEP DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi di SMP Negeri 11 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, IAIN SMH Banten.

[img] Teks
Cover.pdf

Download (40kB)
[img] Teks
Abstrak dll.pdf

Download (941kB)
[img] Teks
9 DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Teks
BAB 1-5.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)

Abstrak

Konsep diri adalah pandangan dan sikap individu terhadap diri sendiri, seseorang yang memiliki persepsi positif tentang dirinya, maka akan menjadikan konsep dirinya positif, sebagai hasil dari pengamalan - pengamalannya. Konsep diri adalah salah satu faktor dalam menentukan hasil belajar. Hasil belajar pada hakikatnya merupakan pencerminan dari usaha belajar. Semakin baik usaha belajar semakin baik pula hasil belajar yang dicapai. Sedangkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam adalah bagaimana pemahaman siswa tentang ajaran Islam, keterampilan mempraktekkannya dan bagaimana pengamalan ajaran Islam itu dalam kehidupan sehari - hari. Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalah dalam pene litian ini adalah: 1) Bagaimana hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 11 Kota Serang? ; 2) Bagaimana konsep diri siswa di SMP Negeri 11 Kota Serang? ; 3) Apakah terdapat pengaruh konsep diri siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 11 Kota Serang ?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 11 Kota Serang; 2) Untuk mengetahui konsep diri siswa di SMP Negeri 11 Kota Serang; 3) Untuk mengetahui pengaruh konsep diri siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 11 Kota Serang. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 11 Kota Serang, dengan jumlah sampel 45 orang, dari populasi dengan jumlah 300 orang. Populasi diambil dari keseluruhan kelas VIII S MP Negeri 11 Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah: angket dan tes. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa hasil belajar P endidikan Agama Islam di SMP Negeri 11 Kota Serang berada pada tingkat baik (51,5) begitupun dengan konsep diri siswa di SMP Negeri 11 Kota Serang berada pada tingkat baik (51,6), dan berdasarkan hasil analisa korelasi dengan menggunakan Product Moment (r x y ) diperoleh r = 0,49, hal ini menunjukan bahwa antara konsep diri siswa (variabel X) dengan hasil belajar pendidikan agama Islam (variabel Y) terdapat korelasi yang sedang atau cukup. Adapun kontribusi konsep diri siswa (X) terhadap hasil belajar pendidik an agama Islam (Y) diketahui 24,01% pengaruh konsep diri siswa terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam. Sedangkan sisanya (75,99%) dipengaruhi oleh faktor lain yang memerlukan penelitian lebih lanjut. Kata kunci: Konsep Diri, Hasil Belajar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): pendidikan Agama Islam, Belajar, Pendidikan
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 19 Apr 2017 01:19
Perubahan Terakhir: 19 Apr 2017 01:19
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/319

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.