PERJUANGAN LAKSAMANA MUDA JOHN LIE DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1946-1966

Muthakin, (2015) PERJUANGAN LAKSAMANA MUDA JOHN LIE DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1946-1966. Diploma atau S1 thesis, IAIN SMH Banten.

[img] Teks
CAVER.pdf

Download (230kB)
[img] Teks
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (493kB)
[img] Teks
BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Teks
BAB II.pdf

Download (401kB)
[img] Teks
BAB III.pdf

Download (354kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf

Download (287kB)
[img] Teks
BAB V.pdf

Download (182kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)

Abstrak

Nama: Muthakin, NIM :112400221, Judul Skripsi : Perjuangan Laksamana Muda John Lie Dalam Mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 1946-1966. Pasca kemerdekaan, Belanda kembali lagi di bumi Indonesia dengan membonceng sekutunya Inggris. Pada tanggal 21 Juli 1947 dan 19 Desember 1948, Belanda melancarkan agresi militernya. Hal inilah yang menyebabkan timbul dan bangkitnya rasa Nasionalisme di setiap diri rakyat Indonesia yang ingin berjuang mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan Republik Indonesia. Di indonesia terdapat berbagai macam suku (etnis), salah satunya adalah etnis Tionghoa. Etnis Tionghoa telah ada di Indonesia sejak berabad-abad yang lalu. Ketika pecah perang kemerdekaan pada masa Revolusi Fisik, tidak sedikit jumlahnya etnis Tionghoa yang ikut serta berperan mengangkat senjata untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Mereka berjuang, bahu-membahu, bersama para pejuang lainnya dengan cara mengangkat senjata demi mempertahankan proklamasi dan kemerdekaan Republik Indonesia. Tidak hanya mengangkat senjata, mereka juga berperan sebagai barisan Palang Merah yang membantu korban perang, menyelundupkan senjata, pakaian, obat-obatan untuk para pejuang. Pejuang yang turut andil dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada masa Revolusi Fisik dari etnis Tionghoa ialah John Lie. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut di atas, dapat ditarik perumusan masalah yang nantinya akan menjadi pembahasan pokok, diantaranya adalah: bagaimana peran serta etnis Tionghoa pada masa revolusi kemerdekaan Republik Indonesia ?, bagaimana biografi Laksamana Muda John Lie ?, bagaimana pengabdian Laksamana Muda John Lie dalam bidang militer ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui peran serta etnis Tionghoa pada masa revolusi kemerdekaan Republik Indonesia terutama perjuangan Laksamana Muda John Lie, untuk mengetahui biografi Laksamana Muda John Lie, untuk mengetahui pengabdian Laksamana Muda John Lie dalam bidang militer. Kesimpulan dari penelitian ini adalah John Lie telah berjasa kepada Bangsa Indonesia berkat perjuangannya pada masa revolusi fisik dalam menyelundupkan senjata untuk para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu juga John Lie telah berjasa dalam menumpas pemberontakan yang dilakukan oleh gerakan separatis, seperti Republik Maluku Selatan (RMS), Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII) dan Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI).

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Sejarah, Perjuangan, Laksamana Muda John Lie, Mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia, Tahun 1946-1966.
Subjek: 900 Sejarah > 905 Serial publikasi
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Sejarah Dan Kebudayaan Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 17 Apr 2017 01:08
Perubahan Terakhir: 17 Apr 2017 01:08
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/317

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.