PENIGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI MENGHARGAI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (PTK di Kelas V SDN Ciangir 1 Kecamatan Legok Kabupaten Tangerang)

ALIYAH, MIFTAHUL (2017) PENIGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI MENGHARGAI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (PTK di Kelas V SDN Ciangir 1 Kecamatan Legok Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (412kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (87kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (183kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (222kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (430kB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (506kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (155kB)

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi masalah hasil belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Berdasarkan dari latar belakang masalah maka peneliti mengajukan solusi masalah yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS materi Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di indonesia. kurangnya pembelajaran nilai disekolah yang menyebabkan perwujudan nilai-nilai sosial siswa belum nampak dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tercermin dalam sikap siswa yang sulit memahami nilai-nilai dalam kehidupan sosial. Kondisi tersebut membutuhkan suatu pembelajaran yang dapat menyelaraskan kesadaran siswa mengenai nilai-nilai yang dimilikinya yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT). Perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana penerapan model value clarification technique pada pembelajaran IPS materi mengharagai keragaman suku bangsa dan budaya kelas V di SDN Ciangir 1 Legok Tangerang. (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran value clarification technique di SDN Ciangir 1 Legok-Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dan model dalam PTK ini menggunakan model kemmis dan Mc.Taggart. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru, siswa, dan tes evaluasi. Jadi pembelajaran dengan menerapkan model pemebelajaran Value Clarification Technique (VCT) dalam pembelajaran IPS dapat menigkatkan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa di kelas V SDN Ciangir 1 Kecamatan Legok Kabupaten Tangerang. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 41.92% dan pada siklus II mengalami peningkatan mencapai skor 83.87% .

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): MODEL PEMBELAJARAN
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 107 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 07 Apr 2017 00:16
Perubahan Terakhir: 07 Apr 2017 00:16
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/311

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.