MAIDAH, SITI (2018) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Nasabah Bank Syariah (Studi pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
|
Teks (COVER)
1 COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (33kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN)
LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (444kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I oke.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (288kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II oke.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (546kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III oke.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (213kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV oke.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (426kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V oke.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (53kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Bank syariah adalah bank yang aktivitasnya meninggalkan masalah riba. Dengan demikian, penghindaran bunga yang dianggap riba merupakan salah satu tantangan yang dihadapi dunia Islam dewasa ini. Oleh karena itu, mekanisme perbankan bebas bunga yang biasa disebut dengan bank syariah didirikan. Perkembangan minat akan jasa keuangan bank syariah di kalangan internasional maupun di Indonesia semakin lama semakin pesat, baik minat dari kalangan muslim maupun non muslim. Hal tersebut tentu disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya faktor manajemen, faktor pelayanan dan faktor sosial. Berdasarkan latar belakang diatas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Faktor apa yang akan terbentuk dari faktor manajemen, faktor pelayanan, faktor lokasi dan promosi, faktor fasilitas, dan faktor sosial yang mempengaruhi preferensi nasabah dalam menggunakan produk dan jasa bank syariah? Tujuan umum penelitian ini adalah: Untuk menganalisis faktor-faktor yang berperan penting dalam mempengaruhi preferensi nasabah untuk menggunakan produk dan jasa bank syariah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak 100 responden dengan metode wawancara terhadap nasabah BSM Cabang Serang. Untuk menganalisis penelitian ini penulis menggunakan sebuah alat analisis yaitu analisis faktor, dan pengolahan data menggunakan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima faktor yang mempengaruhi preferensi nasabah untuk menggunakan produk dan jasa bank syariah. Kelima faktor tersebut adalah: faktor manajemen, faktor pelayanan, faktor lokasi dan promosi, faktor fasilitas, dan faktor sosial. Dari kelima faktor tersebut, faktor fasilitas (pelayanan) merupakan faktor yang berpengaruh paling dominan terhadap preferensi nasabah untuk menggunakan produk dan jasa bank syariah. Faktor ini terdiri dari 2 indikator/variabel, yaitu: pelayanan yang sangat cepat dari para pegawai Bank Syariah Mandiri, sarana pelayanan transaksi perbankan di Bank Syariah Mandiri yang lengkap
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 30 Nov 2018 12:44 |
Perubahan Terakhir: | 30 Nov 2018 12:44 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3083 |
Actions (login required)
Lihat Item |