Nupus, Hayati (2018) Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Dan Intelectual) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi Eksperimen di Kelas VII MTs Negeri 1 Kab. Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
Teks (COVER)
cover.rtf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
|
Teks (LAMPIRAN)
lembar awal skripsi.rtf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (2MB) |
|
Teks (BAB I - V)
print 1-5.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (238kB) |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi belum mampu guru mengaplikasikan model pembelajaran yang sudah ada sehingga dalam proses pembelajaran menjadi kurang menarik dan siswa jenuh dalam belajar dan akibatnya hasil belajarnya pun rendah. Salah satu upaya untuk memperbaiki rendahnya hasil belajar ialah dengan salah satu model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) adalah pembelajaran yang menekankan bahwa belajar haruslah memanfaatkan semua alat indra yang dimiliki oleh siswa, maka diharapkan dapat menemukan gaya belajarnya masing-masing dan meningkatkan hasil belajar pada siswa khususnya pada mata pelajaran Fiqih. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual), bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih, apakah ada pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual), untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih, dan manfaatnya yaitu baik secara teoritis maupun praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Dsigen (Nonequivalent Control Group Desaign) atau eksperimen semu dengan menentukan kelompok eksperimen dan kontrolnya tidak menggunakan sistem random dan pada penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan tes karena ini menunjukan kepada hasil belajar maka tes yang digunakan yaitu tes tulis jenis multipe choice atau pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa responden kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 80,28, sedangkan responden kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 73,06. Dapat dikatakan bahwa nilai pencapaian kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Simpulan data yang diperoleh dari penelitian ini adalah: berdasarkan hasil perhitungan statistik, pada uji hipotesis bahwa diperoleh hasil perhitungan menunjukan bahwa nilai thitung sebesar 5,59 lebih besar nilai dari ttabel pada taraf signifikasi 0,05 yakni 1,671, maka H0 di tolak dan Ha diterima. Maka Terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 26 Nov 2018 01:17 |
Perubahan Terakhir: | 26 Nov 2018 01:17 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3049 |
Actions (login required)
Lihat Item |