KINERJA HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA PEMERINTAHAN PROVINSI BANTEN (Study di Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Banten)

Yuliani, Haryanti (2017) KINERJA HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA PEMERINTAHAN PROVINSI BANTEN (Study di Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (PAPER SKRIPSI PENUH)
HARYANTI YULIANI 123300328.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (642kB)

Abstrak

Pada Era ini Biro Humas dan Protokol dianggap sebagai suatu kebutuhan yang mesti ada dalam sebuah lembaga maupun organisasi guna membangun hubungan dengan masyarakat dan para pemangku kepentingan (Stakeholder). Pemerintah Provinsi Banten menyadari banyaknya berbagai media massa dan majunya sarana informasi di kalangan masyarakat belum menjadi jaminan untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat. oleh karena itu, Humas bagi Pemerintahan Provinsi Banten menjadi sebuah kebutuhan yang sangat penting dan strategis, terutama dikaitkan dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat akan informasi dan juga untuk pembentukan citra Pemeintahan Provinsi Banten. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana Kinerja dan tugas Biro Humas dan Protokol Provinsi Banten?, 2). Bagaimana strategi yang di lakukan dalam menjalankan tugasnya?, 3). Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam menjalankan tugasnya? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Peran dan tugas Biro Humas Provinsi Banten, 2). Strategi yang dilakukan oleh Biro Humas dalam meningkatkan citra Pemerintahan Provinsi Banten, 3). Faktor-Faktor penghambat dan pendukung Biro Humas dan Protokol dalam menjalankan tugasnya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan deskriptif analisis, yaitu dengan menggambarkan subjek dan objek penelitian berdasarkan fakta yang ada. Dengan teknik pengumpulan data didapat dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: Tugas Humas untuk mengkomunikasikan dan menginformasikan kepada publik tentang rencana kerja, kinerja, dan capaian hasil yang dilakukan pemerintah. dengan begitu peran Biro humas dan Protokol Provinsi Banten selain melaksanakan fungsinya sebagai penyalur informasi juga menyerap aspirasi dari reaksi publik, Dengan demikian Biro Humas dan Protokol Provinsi Banten dapat menciptakan dan membangun citra Pemerintahan Provinsi Banten. Dalam menjaga atau menciptakan citra yang baik Biro Humas dan Protokol mempunyai strategi yaitu mengelola informasi, membentuk opini publik dan mengelola relasi. salahsatunya yaitu memberikan informasi pembangunan, membuka ruang yang luas untuk masyarakat mengetahui berbagai informasi, serta memberikan informasi terupdate melalui media elektronik maupun media cetak. Adapun Faktor pendukung Biro Humas dan Protokol dalam menjalankan tugasnya yaitu sarana fasilitas yang sudah lengkap, anggaran yang lumayan besar, hubungan dengan mediapun sudah terjalin cukup baik dan seluruh staf Biro Humas dan Protokol Provinsi Banten sudah dibebankan dengan tugasnya masing-masing. Sedangkan kendalanya yaitu sumber daya manusia yang belum mumpuni dalam keahlian di bidang komunikasi, jurnalistik dan kehumasan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): KINERJA HUMAS; CITRA PEMERINTAHAN
Subjek: 500 Ilmu Pengetahuan Alam dan Mathemetics > 507 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Komunikasi Dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 07 Apr 2017 00:15
Perubahan Terakhir: 07 Apr 2017 00:15
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/303

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.