NURAENI, ENDAH (2017) Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Kedisiplinan Belajar Siswa (Studi Di MAN 2 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.
Teks (ABSTRAK)
ndahe-ABSTRAK.rtf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (332kB) |
||
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (192kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (361kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (894kB) | Pra Tinjau |
|
Teks (LAMPIRAN PERSEMBAHAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP)
PERSEMBAHAN dan RIWAYAT HIDUP.rtf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (2MB) |
||
Teks (LEMBAR PERNYATAAN SKRIPSI)
PERNYATAAN SKRIPSI.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (23kB) |
||
Teks (LEMBAR PENGESAHAN)
4 PENGESAHAN.rtf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (84kB) |
Abstrak
Kecerdasan emosional adalah kemampuan merasakan, memahami secara efektif menerapkan daya dan kepekaan emosi sebagai sumber, energi, informasi, koneksi, dan pengaruh manusia atau kemampuan manusia pribadi dan sosial yang merupakan kunci utama keberhasilan seseorang. Kedisiplinan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia, terutama dalam mencapai keberhasilan pada umumnya. Karena kedisiplinan itu ialah sesuatu yang direncanakan akan terlaksana dengan sebaik-baiknya. Untuk dapat melatih dan mengembangkan kecerdasan emosional secara optimal kita perlu memahami tentang apa yang di maksud dengan kecerdasan emosional, bagaimana melatih dan mengimplementasikannya dalam pendidikan terutama kedisiplinan belajar siswanya di sekolah. Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kecerdasan emosional siswa di MAN 2 Kota Serang? ; 2) Bagaimana hasil kedisiplinan belajar siswa di MAN 2 Kota Serang? ; 3) Bagaimana hubungan antara kecerdasan emosional dengan kedisiplinan belajar siswa di MAN 2 Kota Serang? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa di MAN 2 Kota Serang. 2) Untuk mengetahui kedisiplinan belajar siswa di MAN 2 Kota Serang. 3) Untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan kedisiplinan belajar siswa di MAN 2 Kota Serang. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Kota Serang, dengan jumlah sampel 50 orang, dari populasi dengan jumlah 320 orang. Populasi diambil dari dua kelas X di MAN 2 Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data: observasi, dan kuesioner. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah: berdasarkan hasil analisa korelasi dengan menggunakan Pearson Product Moment (rxy) diperoleh r = 0,62. Hal ini menunjukkan bahwa antara kecerdasan emosional (variabel X) dengan kedisiplinan belajar siswa (variabel Y) terdapat korelasi yang kuat. Adapun kontribusi kecerdasan emosional (X) terhadap kedisiplinan belajar siswa (Y) diketahui 38% pengaruh kecerdasan emosional terhadap kedisiplinan belajar siswa. Sedangkan siswanya (62%) dipengaruhi oleh faktor lain yang dapat diteliti kembali.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 07 Apr 2017 00:15 |
Perubahan Terakhir: | 07 Apr 2017 00:15 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/301 |
Actions (login required)
Lihat Item |