Mahfudin, Didin (2018) Pengaruh Guru Pendidikan Agama Islam dan Proses Pembelajaran Terhadap Akhlak Siswa Di SMA Negeri 1 Pandeglang. Magister thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
|
Teks (FULL TESIS)
DIDIN MAHFUDIN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (3MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang hubungan antara pengaruh guru PAI dengan proses pembelajaran terhadap akhlak siswa di sekolah SMA Negeri 1 Pandeglang Banten, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Berdasarkan indetifikasi masalah, maka dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut :(1) Seberapa besar proses pembelajaran terhadap akhlak siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Pandeglang? (2) Seberapa besar pengaruh guru pendidikan agama Islam terhadap akhlak siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Pandeglang ? (3) Seberapa besar pengaruh guru pendidikan agama Islam dan proses pembelajaran secara bersama-sama terhadap akhlak siswa di Sekolah Mengah Atas (SMA) Negeri 1 Pandeglang? Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengenal pembinaan akhlak siswa yang dipengaruhi oleh faktor guru PAI dan proses pembelajaran dalam akhlak siswa. Secara khusus tujuan yang ingin dicapai adalah untuk menganalisis hubungan pengaruh guru PAI dan proses pembelajaran terhadap akhlak siswa di SMA Negeri 1 Pandeglang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan analisis deksriptif dan analisis inferensial. Metode pengambilan sempel dengan menggunakan Teknik random sampling, ditetapkan sebanyak 70 orang siswa sebagai responden. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan data penelitian, dapat disimpulkan bahwa Peratama, terdapat hubungan yang positif antara proses pembelajaran (X2) dengan pembinaan akhlak siswa (Y). Dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi Ȳ = 36.223 + 0.614X2 dengan koefisien korelasi sebesar ry2 = 0.693. Besarnya konstribusi proses pembelajaran terhadap pembinaan akhlak siswa diketahui dengan koefisien determinasi, yaitu sebesar ry2 2 = 0.480 yang berarti sebesar 48% terhadap peningkatan pembinaan akhlak siswa. Kedua, terdapat hubungan positif antara pengaruh Guru PAI (X1) dan pembinaan akhlak siswa (Y) dinyatakan dengan persamaan keduanya Ȳ = 48.598 + 0.483X1. Sedangkan besarnya konstribusi pengaruh guru PAI dengan pembinaan akhlak siswa dapat diketahui dimana skor yang diperoleh yaitu sebesar 0.440, artinya pengaruh guru PAI memberi sumbangan sebesar 44% terhadap peningkatan pembinaan akhlak siswa. Ketiga, terdapat hubungan positif antara pengaruh guru PAI (X1) dan proses pembelajaran (X2) secara bersama-sama dengan pembinaan akhlak siswa (Y). hubungan keduanya dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi jamak Ȳ = 29.390 + 0.271X1 + 0.403X2 dengan koefesien korelasi jamak sebesar ry12 = 0.750. Besarnya konstribusi variabel bebas X1 dan X2 terdapat variabel terikat Y dapat diketahui skor yang diperoleh yaitu sebesar 0.562 atau sebesar 56.2%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penelitian ini, kepala SMA Negeri 1 Pandeglang, dapat memperhatikan dan pengawasan pada guru dalam upaya pencapaian pembinaan akhlak siswa di sekolah
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Magister |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 21 Nov 2018 06:09 |
Perubahan Terakhir: | 21 Nov 2018 06:09 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2997 |
Actions (login required)
Lihat Item |