Pendekatan Terapi Behavioristik dengan Teknik Token Ekonomi dalam Meningkatkan Ketertiban Shalat Berjama’ah pada Anak (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Athfal Astana, Kec. Carenang Serang-Banten)

Fithriyah, Syifaul (2018) Pendekatan Terapi Behavioristik dengan Teknik Token Ekonomi dalam Meningkatkan Ketertiban Shalat Berjama’ah pada Anak (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Athfal Astana, Kec. Carenang Serang-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (141kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN)
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (357kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (406kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (237kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (243kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (269kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (152kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (165kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Shalat berjama’ah mempunyai nilai yang lebih, karena selain pahala yang berlipat ganda, shalat berjama’ah juga akan menumbuhkan rasa kebersamaan yang kuat.Oleh karena itu, seringkali para orang tua mengajak anaknya untuk shalat di masjid dengan tujuan agar anak terbiasa shalat berjama’ah ketika sudah dewasa nanti. Namun, terkadang anak-anak suka membuat keributan ketika shalat berjama’ah termasuk di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Athfal Astana. Hal tersebut perlu di atasi dengan baik, karena dapat mengganggu orang lain yang sedang melaksanakan shalat. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana ketertiban shalat berjama’ah pada anak di MI Raudlatul Athfal Astana? (2) Apa saja faktor penyebab anak tidak tertib shalat berjama’ah? (3) Bagaimana upaya terapi behavioristik dengan teknik token ekonomi dalam meningkatkan ketertiban shalat berjama’ah pada anak di MI Raudlatul Athfal Astana? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana ketertiban shalat berjama’ah anak MI Raudlatul Athfal Astana. (2) Untuk mengetahui apa saja faktor penyebab anak tidak tertib shalat berjama’ah. (3) Untuk mengetahui bagaimana upaya terapi behavioristik dengan teknik token ekonomi dalam meningkatkan ketertiban shalat berjama’ah pada anak MI Raudlatul Athfal Astana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Cara pengambilan data dengan menggunakan observasi, wawancara. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Bentuk perilaku tidak tertib siswa ketika shalat berjama’ah ialah: tertawa, berlari, menendang teman yang ada di depannya, tengok kanan-kiri saat sujud dan ruku, mengobrol dengan teman yang ada di sampingnya. (2) Dalam penerapan teknik token ekonomi dalam meningkatkan ketertibah shalat berjama’ah pada anak, peneliti membaginya ke dalam tujuah pertemuan sebagai berikut: pertemuan pertama, kedua dan ketiga merupakan tahap awal atau tahap persiapan. Kemudian, pertemuan keempat, kelima dan keenam merupakan tahap inti. Selanjutnya, pertemuan ketujuh merupakan tahap akhir atau penutup. (3) Sebelum klien mendapatkan treatment dengan teknik token ekonomi, klien menunjukkan perilaku tidak tertib ketika shalat berjama’ah. Namun, setelah mendapatkan treatment klien menunjukkan adanya perubahah sikap yang lebih baik dan bisa melaksanakan shalat berjama’ah dengan tertib dan itu merupakan kemajuan yang diperoleh klien.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.1 Ibadah > 2x4.12 Shalat > 2x4.123 Shalat jamah
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 16 Nov 2018 02:34
Perubahan Terakhir: 03 Apr 2024 03:25
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2946

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.