Konsep Pendidikan Islam Menurut Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas Dan Relevansinya Di Indonesia.

Pahruroji, Pahruroji (2018) Konsep Pendidikan Islam Menurut Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas Dan Relevansinya Di Indonesia. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img] Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (9kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (79kB)
[img] Teks (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (18kB)
[img] Teks (ISI SKRIPSI)
ISI SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (367kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (22kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh pengetahuan baru mengenai konsep pendidikan yang di desain oleh Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Relevansinya di Indonesia. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah karena pentingnya pengetahuan tentang suatu konsep pendidikan dalam proses pembelajaran, pendidik dapat mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan ketika sedang melaksanakan proses belajar mengajar dikelas sesuai konsep pendidikan yang sebelumnya telah diketahui. Berbagai pemikiran dan solusi telah dikemukakan oleh para ahli terutama dalam pengembangan konsep dan pengaplikasiannya dalam dunia pendidikan. Salah satu tokoh ilmuan muslim yang telah banyak berkontribusi dalam duina pendidikan adalah Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Peneliti mengangkat tokoh ini karena beliau banyak memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan. Disamping itu penulis ingin menggetahui kerelevansian antara konep pendidikan Syed Muhammad Naquib Al-Attas dengan pendidikan Islam di Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research dan menggunakan Metode Literer. Penggunaan pendekatan dan metode tadi dirasa penulis sangat tepat dalam penelitian ini, karena satu sama lain saling mendukung guna mendapatkan hasil penelitian yang sesuai dengan yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep pendidikan yang dibuat oleh Syed Muhammad Naquib Al-Attas ini adalah dengan konsep ta’dibnya. yangmana menganggap bahwa pendidikan Islam adalah suatu proses pemnanaman ilmu ke dalam diri manusia dengan tujuan akhir menghasilkan manusia yang baik. Konsep ini sejalan dengan UU No.20 tahun 2003 pasal 3 tentang fungsi pendidikan di Indonesia dan Rumusan hasil keputusan pendidikan Islam Se-Indonesia tanggal 7 s/d11 Mei 1960 di Cipayung, Bogor

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.4 Pemurnian dan pemaharuan pemikiran
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.4 Pemurnian dan pemaharuan pemikiran > 2x7.42 Pembaharuan pemikiran dalam Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 14 Nov 2018 00:50
Perubahan Terakhir: 14 Nov 2018 00:50
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2907

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.