Tazwini, Muhamad (2018) Hambatan Komunikasi antara Siswa dan Guru di Lingkungan Sekolah (Studi SMA Islam Al-Falah Kresek Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks (FULL SKRIPSI)
BURNING SKRPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pada umumnya komunikasi adalah aktifitas dasar manusia, karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan komunikasi antara individu dengan individu lainnya. Faktor komunikasi sangat mendukung dalam proses kegiatan belajar mengajar di lingkungan sekolah. Komuniksi yang baik antara siswa dan guru maka akan tercapainya proses belajar mengajar yang efektif. Namun demikian, di SMA Islam Al-Falah masih ada saja siswa yang cenderung pasif, malu-malu, dan tidak percaya diri. Dalam proses belajar mengajar sangatlah penting menciptakan suasana belajar yang efektif dan dinamis di dalam kelas. Perlu ada kerjasama untuk mengatasi siswa yang kurang memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik, apabila hal ini tidak segera diatasi dikhawatirkan akan muncul perilaku negatif dan menimbulkan hambatan komunikasi. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana hambatan mekanis yang dialami oleh siswa dan guru di SMA Islam Al-Falah?. 2) Bagaimana hambatan semantik yang dialami oleh siswa dan guru di SMA Islam Al-Falah?. 3) Bagaimana hambatan ekologis yang dialami oleh siswa dan guru di SMA Islam Al-Falah?. Tujuan penelitian ini berdasarkan rumusan masalah tersebut adalah: 1) Untuk mengetahui hambatan mekanis yang dialami oleh siswa dan guru di SMA Islam Al-Falah, 2) Untuk mengetahui hambatan semantik yang dialami oleh siswa dan guru di SMA Islam, 3) Untuk mengetahui hambatan ekologis yang dialami oleh siswa dan guru di SMA Islam. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu menganalisis dengan menggambarkan subjek dan objek penelitian berdasarkan fenomena-fenomena yang terjadi di lapangan. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan teknik analisis data. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ditemukan adanya hambatan komunikasi antara siswa dan guru pada aspek hambatan semantik dan hambatan ekologis. Adapun pada hambatan mekanis, peneliti tidak menemukan hambatan yang berkaitan dengan hambatan komunikasi.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 380 Commerce, komunikasi & transportasi > 384 Communications; telecommunication |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 14 Nov 2018 00:49 |
Perubahan Terakhir: | 27 Mar 2024 02:39 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2893 |
Actions (login required)
Lihat Item |