EFEKTIVITAS ALAT PERMAINAN EDUKATIF BERHITUNG MATEMATIKA (UNO-MATH) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PENGURANGAN

Mutoharoh, Mutoharoh (2018) EFEKTIVITAS ALAT PERMAINAN EDUKATIF BERHITUNG MATEMATIKA (UNO-MATH) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PENGURANGAN. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN)
JURNAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (SKRIPSI)
Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Alat Permainan Edukatif Berhitung (Uno-Math) pada pembelajaran matematika di SDN Kresek 2 tentang Pengurangan dan Perkalian, mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan penggunaan Alat Permainan Edukatif Berhitung (Uno-Math) pada pembelajaran matematika di SDN Kresek 2 tentang Pengurangan dan Perkalian, mengetahui efektivitas penggunaan Alat Permainan Edukatif Berhitung (Uno-Math) pada pembelajaran matematika di SDN Kresek 2 tentang Pengurangan dan Perkalian. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre Eksperimen dengan design Intact-Group Comparison dengan populasi seluruh siswa kelas II SDN Kresek 2 Tahun ajaran 2017-2018 yaitu sebanyak 56 siswa. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas II Sebagai kelas Eksperimen sebanyak 28 siswa dan Kelas Kontrol sebanyak 28 siswa. Tahap uji instrument yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas, riliabilitas dan tingkat kesukaran. Tehnik analisis data yang digunakan adalah menentukan rata-rata, menghitung normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis Uji-t. hasil analisis data membuktikan bahwa hasil belajar matematika siswa pada materi pengurangan dan perkalian siswa kelas II SDN Kresek 2 yang menggunakan Alat Permainan Edukatif Berhitung (Uno-Math) lebih baik dari pada yang tidak menggunakan Alat Permainan Edukatif Berhitung (Uno-Math). Hal ini menunjukan adanya efektivitas penggunaan Alat Permainan Edukatif Berhitung (Uno-Math) terhadap hasil belajar matematika siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 12 Nov 2018 04:08
Perubahan Terakhir: 12 Nov 2018 04:08
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2846

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.