PERANAN SYAFRUDDIN PRAWIRANEGARA DALAM MEJELIS SYURO MUSLIMIN INDONESIA (MASJUMI) DI BANTEN TAHUN 1945-1960

Anggraini, Listriana (2016) PERANAN SYAFRUDDIN PRAWIRANEGARA DALAM MEJELIS SYURO MUSLIMIN INDONESIA (MASJUMI) DI BANTEN TAHUN 1945-1960. Diploma atau S1 thesis, IAIN SMH Banten.

[img] Teks
DAFTAR ISI.pdf

Download (566kB)
[img] Teks
COVER.pdf

Download (241kB)
[img] Teks
BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Teks
BAB II.pdf

Download (298kB)
[img] Teks
BAB III.pdf

Download (197kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf

Download (280kB)
[img] Teks
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)

Abstrak

Nama: Listriana Anggraini, NIM :112400250, Judul skripsi : Peranan Syafruddin Prawiranegara Dalam Mejelis Syuro Muslimin Indonesia (MASJUMI) Di Banten Tahun 1945-1960. Pada masa kemerdekaan Indonesia segenap Ulama-ulama dari organisasi Islam bersatu dalam kongres yang di selenggarakan di Yogyakarta pada tanggal 8 sampai 9 November 1945.Yang melahirkan partai Masyumi. Masyumi membantu menyatukan politik dari organiasi Islam lainnya. Pada tahun 1955 Syafruddin Prawiranegara bergabung kedalam Masyumi dan menjadi pimpinan Masyumi. Dalam lika-liku politik partai Masyumi mengalami kemunduran. Dan Syafruddin Prawiranegara berjuang mengangkat derajat Masyumi kembali. Syafruddin Prawiranegara tidak gentar membela partainya. Syafruddin Prawiranegara menganggap partainya menyebabkan alasan ia menemukan jati diri dan hidup yang berdasarkan nafas Islam. Partai Masyumi hampir terdapat di pulau Indonesia. Dan di Banten adalah tempat Syafruddin Prawiranegara berdakwah dan meneruskan pemikiran politiknya. Di Banten Syafruddin Prawiranegara merasakan pengaruh tradisi syariat Islam yang begitu kuat, di bandingkan dengan kota-kota lain yang pernah dijumpainya. Adapun perumusan masalah, dalam penelitian ini adalah sebagai berikut, Bagaimana Biografi Syafruddin Prawiranegara?, Bagaimana masuk dan Berkembangnya Masyumi di Banten?, Bagaimana peranan Syafruddin Prawiranegara dalam Masyumi di Banten?. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui, Biografi Syafruddin Prawiranegara, Masuk dan Berkembangnya Masyumi di Banten, dan peranan Syafruddin Prawiranegara dalam Masyumi di Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian Sejarah yang terdiri dari beberapa tahapan penelitian yaitu: Heuristik, Verifikasi (kritik), Interpretasi dan Historiografi. Kesimpulan dari hasil pembahasan di atas bahwa, Syafruddin Prawiranegara berkarya dan berpolitik di dalam Masyumi, sebagai tokoh Masyumi. Syafruddin Prawiranegara berjuang untuk membela tanah air dan keutuhan partainya yaitu dengan mengadakan pidato dan ceramah dengan pesanpesan kritis terhadap pemerintah yang mulai terpengaruh oleh komunis. Karena partai komunis yang menjadi lawan politik partainya. Mereka memfitnah Masyumi hingga pada akhirnya Masyumi dibubarkan oleh pemerintah. Syafruddin Prawiranegara dimasukkan kedalam penjara bersama tokoh-tokoh Masyumi lainnya. Akan tetapi Syafruddin Prawiranegara tidak berhenti sampai disitu, ia terus mengembangkan tulisan-tulisan hasil pemikirannya dan berkhotbah. Hingga akhir hayatnya Syafruddin Prawiranegara menjalani hidup sebagai Pendakwah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Sejarah Islam, Peranan Syafruddin Prawiranegara, Mejelis Syuro Muslimin Indonesia, MASJUMI, Banten, Tahun 1945-1960.
Subjek: 2x9 Sejarah Islam dan Modernisasi > 2x9.9 Aspek sejarah lainnya
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Sejarah Dan Kebudayaan Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 07 Apr 2017 00:15
Perubahan Terakhir: 07 Apr 2017 00:15
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/282

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.