Uyun, Zuhrotul (2018) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Hasil Belajar IPS (Kuasi Eksperimen di Kelas IV SDN Banjarsari 5 Cipocok ). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
|
Teks (COVER)
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (132kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (7kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (146kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (177kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (138kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam belajar IPS dikarenakan mereka menganggap bahwa pelajaran IPS itu merupakan pelajaran yang membosankan dan kurang menarik. pembelajaran sering menggunakan metode ceramah, sehingga menimbulkan rasa kurang antusias siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa di kelas IV yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional2) Untuk mengetahui Bagaimana pengaruh hasil belajar siswa di kelas IV setelah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBM). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Pada penelitian ini, kelas IV/B sebagai kelas eksperimen dan IV/A sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre test dan post test, instrumen penelitian yang diberikan berupa 20 soal pilihan ganda. Teknik analisa data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel, 5,898>1,998, maka Ha diterima, artinya bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah merupakan salah satu model pembelajaran yang memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Banjarsari 5 pada mata pelajaran IPS
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 12 Nov 2018 04:06 |
Perubahan Terakhir: | 12 Nov 2018 04:06 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2796 |
Actions (login required)
Lihat Item |