Damayanti, Dian (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE DISCOVERY BERBANTUAN ALAT PERAGA SEDERHANA (PTK di SDN Pejaten 2 Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
|
Teks (FULL SKRIPSI)
SKRIPSI DIAN DAMAYANTI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (827kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode discovery berbantuan alat peraga sederhana yang dapat meningkatkan hasil belajar pelajaran matematika. Latar belakang penelitian ini adalah adanya masalah mengenai hasil belajar pada siswa kelas V di SDN Pejaten 2 Kecamatan Kramatwatu dalam pelajaran matematika yang masih jauh dari KKM, sehingga diperlukan pemecahan masalah dengan menerapkan metode discovery. Metode discovery dipilih karena dengan metode ini siswa dituntut untuk mengamati, memahami, melakukan dan proses berpikir kritis sehingga pada diri siswa terbentuk rasa percaya diri dan menemukan konsep pada materi yang dipelajari karena siswa berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran dan guru membimbing siswa memecahkan masalah yang dihadapi sehingga siswa akan mampu memahami konsep materi yang dipelajari. Penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah discovery sebagai berikut: pertama, peneliti memberikan permasalahan berupa pertanyaan yang ada pada lembar kerja. Siswa berkumpul dengan teman kelompoknya masing-masing dan peneliti pembagikan lembar kerja untuk dikerjakan secara berkelompok. Kedua, guru memberikan bimbingan kepada semua siswa untuk membuat hipotesis dari masalah yang sudah. Pada tahap ini semua kelompok harus mengungkapkan hipotesis, bagi yang belum mampu membuat hipotesis akan dibimbing guru secara perlahan agar siswa tidak hanya mampu membuat hipotesis tetapi juga mengerti dengan pembahasan. Ketiga, guru memberikan kesempatan pengumpulan data kepada semua kelompok. Saat mengumpulkan data atau mencari informasi, siswa perkelompok mendapat kesempatan untuk maju ke depan dan menuliskan data sesuai bangun datar yang sudah disiapkan di masing-masing kertas kelompok. Sebelum perwakilan kelompok maju, mereka sudah terlebih dahulu mendiskusikan jawaban yang akan ditulis di depan. Keempat, guru meminta setiap kelompok untuk mengungkapkan kesimpulan. Pada tahap ini guru meminta semua kelompok untuk mengungkapkan kesimpulan dari materi sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang. Kelima, siswa diminta untuk mengerjakan soal.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 12 Nov 2018 04:06 |
Perubahan Terakhir: | 12 Nov 2018 04:06 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2795 |
Actions (login required)
Lihat Item |