PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV ( Kuasi Eksperimen di SDN Purwakarta 1 Kota Cilegon

KOMARIYAH, SITI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV ( Kuasi Eksperimen di SDN Purwakarta 1 Kota Cilegon. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (FULL SKRIPSI)
SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (929kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pembelajaran menulis khususnya menulis puisi memiliki tujuan agar siswa dapat terampil menulis puisi dengan mudah dan baik, serta bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Mind Mapping terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Purwakarta 1 Kota Cilegon. Penelitian ini mencoba menggunakan model Mind Mapping dalam pembelajaran menulis puisi. Dengan menerapkan model Mind Mapping dalam pembelajaran menulis puisi diharapkan siswa lebih kreatif dalam mengorganisasikan ide-ide serta dapat membantu siswa memudahkan menyusunnya dalam bentuk karya sastra puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Tekhnik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tekhnik uji coba, dilakukan pada saat peneliti melaksanakan percobaan menulis dengan menggunakan model mind mapping, serta tes yang digunakan untuk memperoleh data belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah: berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dengan pengujian menggunakan uji-t jenis independent sampel t-test yang dilakukan pada taraf kepercayaan 95% menunjukan bahwa data signifikansi yaitu 0,00 < 0,05 dan thitung > dari ttabel yaitu 4,761 > 1,671 yang berarti bahwa terdapat perbedaan keterampilan menulis puisi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, model mind mapping berpengaruh pada keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD Negeri Purwakarta 1 dan model mind mapping dapat dijadikan alternative penggunaan model pembelajaran menulis puisi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 09 Nov 2018 02:20
Perubahan Terakhir: 09 Nov 2018 02:20
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2792

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.