KARAKTERISTIK PONDOK PESANTREN AL – IDRUS DI LEBAK TAHUN 1920-1983

NURHAYATI, NURHAYATI (2017) KARAKTERISTIK PONDOK PESANTREN AL – IDRUS DI LEBAK TAHUN 1920-1983. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
Kaper Proposal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (108kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
abstrak 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (7kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I skrng.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (201kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II NENK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (197kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III revisi skrng oke.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (370kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (164kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (93kB)

Abstrak

Pesantren adalah lembaga pendidikan tradisonal islam yang berasal dari lembaga pengajian yang dipimpin oleh kiyai. Sejak awal berdirinya pesantren mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan masyarakat. Pada jaman penjajahan, pesantren mampu memimpin, menggerakan dan melakukan perjuangan bersama masyarakat dalam mengusir penjajah. Pesantren selain sebagai lembaga pendidikan, juga mampu berperan sebagai kehidupan sosial, ekonomi dan masyarakat. Peranan pesantren ini bukan sesuatu yang baru, karena pesantren sudah bertahun-tahun telah berbaur sehingga mengakar ditengah-tengah kehidupan masyarakat. Begitu pula dengan Pondok pesantren Al-Idrus Rancagawe yang sejak berdirinya hingga sekarang, telah ikut mengadakan kegiatan-kegiatan pendidikan, serta ikut berperan aktif dalam masyarakat sebagai bentuk dari pengembangan sosial di Masyarakat. Rumusan Masalah dalam skripsi ini antara lain: 1) Bagimana Kondisiobjektif masyarakat di Lebak ? 2) Bagaimana Sejarah Pondok Pesantren Al-Idrus Di Lebak Tahun 1920? 3) Bagaimana Perkembangan Pondok Pesantren Al-Idrus Di Lebak Tahun 1920-1983? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kondisi Objektif Masyarakat Di Lebak Tahun 2) Sejarah Pondok Pesantren Al-Idrus Di Lebak Tahun 1920 3) Perkembangan Pondok Pesantren Al-Idrus Di Lebak Tahun 19201983. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian sejarah, yaitu mengkontruksikan kembali sosok sejarah pesantren Al-Idrus Rancagawe, melalui tahapan heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Sedangkan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah melalui telaah pustaka, wawancara dan observasi langsung kelokasi penelitian. Dari hasil penelitian ini akan diperolah gambaran singkat tentang kehidupan keagamaan, sosial, Pendidikan, maupun budaya masyarakat sekitar lingkungan pesantren diharapkan dapat memperoleh gambaran tentang perkembangan pondok pesantren Al-Idrus dalam kehidupan masyarakat di wilayah Rancagawe Lebak. Dalam perkembangan pondok pesantren Al-Idrus Rancagawe telah berperan dalam mempertahankan kesatuan dan keutuhan wilayah Republik Indonesia hal ini dilakukan melalui kegiatan para pendiri dan kiyai yang dibesarkan oleh lembaga pendidikan Islam Al-Idrus yaitu K.H. Ahmad Syaid Abdullah. K.H. Muhamad Idrus, K.H. Muhammad Thablawi Karena semangatnya yang tinggi dalam dunia pendidikan memberikan perkembangan terhadap pondok pesantren di Rancagawe dan kepada para santrinya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): PONDOK PESANTREN AL – IDRUS
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Sejarah Dan Kebudayaan Islam
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 07 Apr 2017 00:14
Perubahan Terakhir: 07 Apr 2017 00:14
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/268

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.