PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM PRSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Rumah Makan Pecak Bandeng Sawah Luhur, Kota Serang

MUSTAFIDAH, DESI (2018) PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM PRSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Rumah Makan Pecak Bandeng Sawah Luhur, Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (FULL SKRIPSI)
DESI MUSTAFIDAH 141401546.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Semakin bertambah dewasanya pikiran konsumen dalam mempertimbangkan kualitas suatu produk yang dipilihnya maka akan menuntut perusahaan untuk selalu memperbaiki kualitas produk mereka. Tingkat kualitas yang tinggi akan menghasilkan kepuasan pelanggan yang tinggi. Sebagaimana diketahui bahwa tujuan dari suatu bisnis adalah untuk menciptakan para pelanggan merasa puas. Terciptanya kepuasaan dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya menjadi harmonis sehingga memberikan dasar yang baik bagi pembelian ulang dan terciptanya kesetiaan terhadap merek serta membuat suatu rekomendasi dari mulut ke mulut (word of mouth) yang menguntungkan bagi perusahaan. Berdasarkan latar belakang diatas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan pada rumah makan pecak bandeng Sawah Luhur? 2) Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada rumah makan pecak bandeng Sawah Luhur? 3) Bagaimana pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada rumah makan pecak bandeng Sawah Luhur? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan pada rumah makan pecak bandeng Sawah Luhur? 2) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada rumah makan pecak bandeng Sawah Luhur? 3) Untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada rumah makan pecak bandeng Sawah Luhur? Pada penelitian ini menggunakan teknik sampling insidental dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Dan menggunakan metode statistik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dan menggunakan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, uji asumsi kelasik, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, serta uji hipotesis dengan menggunakan uji t (parsial) dan uji f (uji simultan). Berdasarkan pengujian secara parsial bahwa harga, kualitas pelayanan, dan kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini dapat dilihat dari variabel harga yang memiliki nilai thitung = 4.553 lebih besar dari ttabel = 1.9849, variabel kualitas pelayanan memiliki thitung = 3.552 lebih besar dari ttabel = 1.9849, dan variabel kepuasan pelanggan memiliki thitung = 3.056 lebih besar dari ttabel = 1.9849. hasil uji simultan menunjukan nilai fhitung = 27.040 lebih besar dari ftabel = 2.70. Dan pada perhitungan uji R2 hasilnya sebesar 45,8 % dan sisanya sebesar 54,2% dijelaskan oleh faktor-faktor lainnya yang tidak dapat dijelaskan oleh peneliti. RM Pecak Bandeng Sawah Luhur dalam melakukan kegiatan sesuai dengan kaidah dan prinsip syariah dalam hal jual beli, muamalah. Terlihat pada tanggapan responden yang merasa pelayanan yang diberikan perusahaan sudah cukup baik kepada para konsumennya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Harga, Pelayanan, Kepuasa pelanggan, Loyalitas
Subjek: 2x6 Sosial Budaya Islam > 2x6.3 Ekonomi Islam
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 25 Okt 2018 09:05
Perubahan Terakhir: 25 Okt 2018 09:05
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2590

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.