PERAN JURUSAN KPI DALAM PEMBENTUKAN PROFESI ALUMNI (Study Kasus Alumni Jurusan KPI 2014)

SUMIYATI, SUMIYATI (2017) PERAN JURUSAN KPI DALAM PEMBENTUKAN PROFESI ALUMNI (Study Kasus Alumni Jurusan KPI 2014). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI)
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (407kB)
[img] Teks (BAB I S/D BAB V)
SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (861kB)

Abstrak

Sekarang ini, kebutuhan akan tenaga-tenaga komunikasi makin dirasakan oleh hampir semua lembaga atau instansi yang bergerak di bidang penggalangan massa, pemasaran, pelayanan publik, dan program-program penyadaran masyarakat. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, profesi komunikasi belum dirasakan karena prioritas pembangunan nasional lebih terarah pada pengadaan infrastruktur. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran jurusan KPI dalam pembentukan profesi alumni?, 2) Profesi apa saja yang telah didapat alumni lulusan KPI tahun 2014? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peran jurusan terhadap pembentukan profesi alumni, 2) profesi apa saja yang diperoleh alumni KPI yang lulus di tahun 2014. Manfaat dari penelitian ini adalah : Secara teoritis, hasil penelitian ini diharapkan dapat berfungsi sebagai bahan kajian dalam rangka pengembangan bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam. Secara praktis, hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan bagi prodi/jurusan KPI dalam membuat kebijakan terkait dengan proses pembelajaran, kurikulum dan pemberdayaan jurusan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumenntasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: Peran jurusan secara teoritik akademik, jurusan menyediakan pembelajaran yang terdapat dalam kurikulum dan stadium general, Pembekalan secara praktis melalui praktikum-praktikum misalnya praktikum profesi. Dalam praktikum profesi, mahasiswa diberikan kesempatan mengaplikasikan ilmu komunikasi yang mereka peroleh di bangku perkuliahan, menyediakan fasilitas pendukung seperti radio dan TV kampus. Profesi alumni sudah sesuai dengan kompetensi jurusan, keahlian dan pengetahuan yang dimiliki sangat bermanfaat dan mendukung pekerjaan mereka. Dengan prosentase 58.8% sudah bekerja dan sesui dengan kompetensi, alumni yang melanjutkan ke jenjang studi pascasarjana (S2) 5 orang alumni yakni 14.7% dari 34 orang, dan yang berprofesi sangat sesuai dengan visi misi jurusan KPI sebagaimana kurikulum pendidikan KPI yakni sebagai wartawan terdapat 1 orang 2.9%. Yang belum mendapatkan pekerjaan hanya 1 orang 2.9% dari 34 alumni. sedangkan sisanya sekitar 23.5% belum diketahui secara pasti karena tidak dapat dihubungi dan hilang kontak dengan rekan semasa kuliahnya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): PROFESI ALUMNI
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 380 Commerce, komunikasi & transportasi
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Komunikasi Dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 30 Mar 2017 02:53
Perubahan Terakhir: 30 Mar 2017 02:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/254

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.