PENGARUH METODE BERTUKAR PASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS (Studi Di Kelas XI IIS 1 MAN 1 Kabupaten Serang)

ASIKAH, ASIKAH (2018) PENGARUH METODE BERTUKAR PASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS (Studi Di Kelas XI IIS 1 MAN 1 Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img] Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (84kB)
[img] Teks (LEMBAR AWAL)
LEMBAR AWAL ASLI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (522kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (346kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (501kB)
[img] Teks (BAB III-V)
BAB III-V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (832kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (216kB)

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah mayoritas hasil belajar Al-Qur’an Hadits masih rendah di kelas XI MAN 1 Kabupaten Serang. Metode bertukar pasangan penggunaannya belum dibiasakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana metode bertukar pasangan pada bidang studi Al-Qur’an Hadits? 2) Bagaimana hasil belajar Al-Qur’an Hadits menggunakan metode bertukar pasangan? 3) Apakah terdapat pengaruh metode bertukar pasangan terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui metode bertukar pasangan pada bidang studi Al-Qur’an Hadits, 2) Untuk mengetahui hasil belajar Al-Qur’an Hadits menggunakan metode bertukar pasangan, dan 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bertukar pasangan terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Kabupaten Serang (dahulu MAN 1 Kragilan), dengan jumlah sampel 27 orang dari populasi yang berjumlah 209 orang diambil dari siswa kelas XI MAN 1 Kabupaten Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis jenis kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner (angket), tes, dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: berdasarkan hasil analisis korelasi (variabel X dan variabel Y) dengan menggunakan Product Moment (rxy) diperoleh nilai korelasi sebesar 0,56 berada di antara 0,40-0,599 yang interpretasinya adalah pengaruh penggunaan metode bertukar pasangan (variabel X) terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits (variabel Y) terdapat korelasi yang sedang, dengan kontribusi variabel X terhadap variabel Y dengan menggunakan koefisien determinasi (Cd) sebesar 31,36 %, sedangkan sisanya 68,64 % dipengaruhi oleh faktor lain.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 23 Okt 2018 03:12
Perubahan Terakhir: 23 Okt 2018 03:12
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2530

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.