Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran di Luar Kelas (Outdoor Learning) terhada Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Eksperimen di SMK Negeri 1 Pandeglang Prov. Banten)

Yuyun, Meiyuliana (2018) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran di Luar Kelas (Outdoor Learning) terhada Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Eksperimen di SMK Negeri 1 Pandeglang Prov. Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (13kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (528kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (FULL SKRIPSI)
3. SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Masalah pembelajaran di SMKN 1 Pandeglang adalah penerapan metode pembelajaran yang kurang optimal dikarenakan segala bentuk penerapkan berbagai pendekatan, dan juga pemanfaatan berbagai media, hanya terbatas pada suatu ruangan saja yang cenderung kaku dan membuat peserta didik cenderung bosan dan kurang termotivasi. Rumusan dalam penelitian antara lain : 1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran diluar kelas (outdoor learning) di SMKN 1 pandeglang pada pelajaran PAI, 2) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa setelah menggunakan penerapan metode pembelajaran diluar kelas (Outdoor Learning) pada pelajaran PAI, 3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari penerapan metode pembelajaran diluar kelas (outdoor learning) terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran PAI. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan sumbangsih ide gagasan tentang bagaimana pengaruh penerapan metode pembelajaran di luar kelas (Outdoor Learning) terhadap motivasi belajar siswa dan Tujuan dalam penelitian ini antara lain: Untuk Mengetahui Penerapan Metode Pembelajaran diluar kelas (Outdoor Learning), Untuk Mengetahui Motivasi Belajar Siswa Setelah Menggunakan Penerapan Metode Pembelajaran Diluar Kelas (Outdoor Learning), dan Untuk Mengetahui Ada Atau Tidaknya Pengaruh Dari Penerapan Metode Pembelajaran diluar kelas (Outdoor Learning) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian dilaksanakan di SMKN 1 Pandeglang. Sampel yang digunakan sebanyak 80 responden dengan Metode penelitian kuantitatif dan teknik pengumpulan data eksperimen, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran diluar kelas (Outdoor Learning) terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran PAI sebesar 0,23 dengan kriteria rendah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Pembelajaran Diluar Kelas (Outdoor Learning), Motivasi Belajar, PAI
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 23 Okt 2018 03:10
Perubahan Terakhir: 29 Apr 2024 07:29
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2518

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.