SUPANDI, ADE MUKHLIS (2018) ANALISIS KESESUAIAN BUKU TEKS KELAS VI DENGAN PERKEMBANGAN PSIKOLOGI SISWA. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.
|
Teks (FULL PAPER)
SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penemuan terhadap adanya kesulitan yang dihadapai peserta didik ketika melakukan kegiatan penalaran dalam pembelajaran. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan analisis terhadap buku teks yang digunakan oleh peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan tingkat kesesuian p enalaran yang tersedia dalam buku teks tematik kurikulum 2013 dengan perkembangan kognitif yang terjadi pada peseta didik secara umum. Untuk menemukan tingkat kesesuaian buku teks tematik kurikulum 2013 dengan perkembangan psikologi peserta didik peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode analisis konten. Diaman peneliti menjabarkan secara rinci kegiatan yang menjadi tujuan dari penelitian ini. dari buku teks tematik kurikulum 2013 yang dianalisis oleh peneliti yang terdiri dari 72 kegiatan pembelajaran yang terdapat pada 4 tema ini terdapat 55 kegiatan penalaran, masing - masing penalaran terdapat pada tema satu sebanyak 17 kegiatan, tema dua 15, tema tiga 14 dan tema empat 9 kegiatan penalaran. Dari 55 kegiatan penalaran yang tersdia dalam buku teks tematik kelas VI tema satu sampai empat semu sesuai dengan tahapan perkembangan psikologi peserta didik yang duduk dikelas VI sekolah dasar.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 25 Sep 2018 00:40 |
Perubahan Terakhir: | 25 Sep 2018 00:40 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2410 |
Actions (login required)
Lihat Item |