KONSELING GESTALT UNTUK MEREDUKSI KONFLIK DI MASYARAKAT DESA SUKAMAJU KEC. KIBIN KAB. SERANG

MUNTASIROH, MUNTASIROH (2017) KONSELING GESTALT UNTUK MEREDUKSI KONFLIK DI MASYARAKAT DESA SUKAMAJU KEC. KIBIN KAB. SERANG. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (LAMPIRAN SKRIPSI PENUH)
PDF SKRIPSI MUNTASIROH.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (951kB)

Abstrak

Konflik dilatarbelakangi oleh perbedaan ciri-ciri yang dibawa individu dalam suatu interaksi. Perbedaan-perbedaan tersebut di antaranya adalah menyangkut fisik, kepandaian, pengetahuan, adat istiadat, dan lain sebagainya. Konflik sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Konflik terjadi ketika tujuan masyarakat tidak sejalan dan berbagai perbedaan pendapat. Kampung Kepondoan Ds. Sukamaju merupakan salah satu contoh masyarakat yang sedang mengalami konflik antar tetangga. Konflik yang mengancam kerukunan masyarakat harus diatasi. Penulis tertarik untuk mengkaji dan meneliti masalah masyarakat yang sedang mengalami konflik dengan menggunakan konseling pendekatan gestalt. Dari latar belakang di atas terdapat beberapa pertanyaan, sebagai berikut: 1). Apa faktor terjadinya konflik. 2). Bagaimana langkah konseling pendekatan gestalt dalam menangani konflik. 3). Bagaimana perubahan kesadaran setelah konseling. Penelitian ini bertujuan: 1). Untuk mengetahui apa penyebab konflik 2). Untuk mengetahui bagaimana konseling pendekatan gestalt mengatasi konflik. 3). Untuk mengetahui bagaimana perubahan kesadaran klien setelah konseling. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis metode eksperimen yang berbasis pada penelitian kualitatif, melalui observasi, wawancara dan konseling pendekatan gestalt. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: penyebab konflik di kampung Kepondoan adalah prasangka sosial dan kurangnya interaksi. Penelitian ini memperlihatkan bahwa warga yang sedang mengalami konflik membutuhkan bantuan konselor untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dalam penyelesaian konflik tersebut konselor menggunakan konseling pendekatan gestalt, di mana dalam konseling ini ada beberapa pendekatan, seperti: konseling kelompok, permainan dialog, pembalikan peran dan permainan proyeksi. Konseling pendekatan gestalt ini memperlihatkan bahwa proses konseling berjalan dengan baik dan mampu menyelesaikan masalah-masalah yang dialami klien.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): KONSELING GESTALT
Subjek: 2x4 Fiqh
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 30 Mar 2017 02:53
Perubahan Terakhir: 30 Mar 2017 02:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/239

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.