PERSPEKTIF USHUL FIQH TERHADAP FATWA DSN NO. 75/DSN-MUI/VII/2009 TENTANG PEDOMAN PENJUALAN LANGSUNG BERJENJANG SYARIAH

RIZQI, UMMI ZIDA (2018) PERSPEKTIF USHUL FIQH TERHADAP FATWA DSN NO. 75/DSN-MUI/VII/2009 TENTANG PEDOMAN PENJUALAN LANGSUNG BERJENJANG SYARIAH. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (63kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (332kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I S/D BAB V)
BAB I-BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (145kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penjualan Langsung Berjenjang Syariah atau yang disebut juga Multi Level Marketing berbasis Syariah adalah salah satu strategi atau cara pemasaran dalam bisnis era modern d engan melalui jaringan distribusi yang dibangun secara permanen dengan memposisikan pelanggan perusahaan sekaligus sebagai tenaga pemasaran, yang mendasarkan sistem operasionalnya pada prinsip - prinsip syariah. O leh karena ituMulti Level Marketing adalah su atu konsep penyaluran barang (produk dan jasa) yang memberi kesempatan kepada para konsumen untuk terlibat sebagai penjual dan memperoleh keuntungan di dalam garis kemitraannya. Perumusan masalahnya adalah: 1) Bag a imana bentuk Penjualan Langsung Berjenjang Syariah yang diatur dalam F atwa MUI Nomor 75/DSN - MUI/VII/2009? 2) Bagaimana pendekatan hukum Fatwa MUI Nomor 75/DSN - MUI/VII/2009 dalam perspektif Ushul Fiqh ? Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui bentuk Penjua lan Langsung Berjenjang Syariah yang diatur dalam Fatwa MUI Nomor 75/DSN - MUI/VII/2009.Untuk mengetahui pendekatan hukum Fatwa MUI Nomor 75/DSN - MUI/VII/2009 dalam perspektif Ushul Fiqh. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan ( library research ) dengan pendekatan kualitatif. Seluruh data analisis deskriptif yaitu menggambarkan dan menjelaskan data yang penulis peroleh dari buku - buku yang berkaitan dengan judul skripsi penulis, baik buku primer maupun sekunder untuk kemudian ditarik menjadi sebuah kesimpu lan. Kesimpulannya bahwa : 1) bentuk Penjualan Langsung Berjenjang Syariah yang diatur dalam Fatwa MUI Nomor 75/DSN - MUI/VII/2009 termasuk ke dalam kategori jual beli, dalam hal ini bentuk penjualannya tidak berbeda dengan bentuk - bentuk jual beli yang terjadi secara konvensial, yaitu : a) terdapat sebuah produk, b) harga, dan c) kesepakatan . 2) P endekatan hukum Fatwa MUI Nomor 75/DSN - MUI/VII/2009 dalam perspektif Ushul Fiqh juga dalam produk dan pemasarannya tidak boleh mengandung unsur kemaksiatan seperti melakukan kegiatan money game (arisan uang), gharar, maysir, riba, dharar, dzulm .

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 06 Sep 2018 17:58
Perubahan Terakhir: 06 Sep 2018 17:58
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2371

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.