HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEMAMPUAN PRAKTEK SHOLAT WAJIB (Studi Kasus SMP Negri 1 Jiput)

NOPIYANTI, OPIN (2017) HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEMAMPUAN PRAKTEK SHOLAT WAJIB (Studi Kasus SMP Negri 1 Jiput). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (LAMPIRAN SKRIPSI PENUH)
SEKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstrak

Kedisiplinan adalah suatu sikap yang menunjukan kepada kepatuhan atau ketaatan terhadap norma-norma yang berlaku dan disekolah norma tersebut adalah aturan, tata tertib, sehingga peserta didik diharuskan mentaati tata tertib tersebut. Kepatuhan tersebut sangat dibutuhkan oleh peserta didik terutama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Kepatuhan atau kedisiplinan sangat bermanfaat dalam membentuk kepribadian seseorang, namun apakah kedisiplinan siswa di SMPN 1 Jiput berhubungan dengan kemampuan praktek sholat wajib atau tidak. Berdasarkan latar belakang di atas maka penulis bertujuan melakukan penelitian dengan rumusan masalahnya sebagai berikut: (1) Bagaimana kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Jiput ? (2) Bagaimana Kemampuan praktek sholat wajib siswa yang ada di SMPN 1 Jiput ? (3) Bagaimana hubungan antara kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan kemampuan praktek sholat wajib siswa di SMPN 1Jiput ?. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Jiput pada siswa-siswi Kls VII dengan jumlah populasi sebanyak 205 siswa, sampel yang diambil 50% sebanyak 102 responden Tujuan penelitian ini adalah, Untuk mengetahui kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang ada di SMPN 1 Jiput. Untuk mengetahui kemampuan praktek sholat wajib siswa yang ada di SMPN 1 Jiput. Untuk mengetahui hubungan antara kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan kemampuan praktek sholat wajib. Penelitian ini menggunakan metode desktiptif, dengan teknik pengumpulan data, angket, observasi dan studi kepustakaan. Sedangkan analisa datanya menggunakan korelasi product moment dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisa korelasi dengan menggunakan product moment (rxy) diperoleh hasil r = 0,56. Hal ini menunjukan bahwa antara kedisiplinan siswa dalam pembelajaran PAI (variabel X) dengan kemampuan praktek sholat wajib (variabel Y) terdapat korelasi yang sedang atau cukup. Adapun kontribusi antara kedisiplinan siswa dalam pembelajaran PAI (variabel X) dengan kemampuan praktek sholat wajib (variabel Y) diketahui 31,36 %. Sedangkan sisanya sebesar 68,64% berhubungan dengan faktor lain yang membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): KEDISIPLINAN SISWA
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 30 Mar 2017 02:52
Perubahan Terakhir: 30 Mar 2017 02:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/234

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.